Punya Banyak Penduduk, Indonesia Jadi Pasar Paling Potensial dalam Penjualan Buku

Punya Banyak Penduduk, Indonesia Jadi Pasar Paling Potensial dalam Penjualan Buku
info gambar utama

Indonesia disebut menjadi pasar paling potensial dalam penjualan buku karena tingkat populasinya yang tinggi. Hal ini dikatakan sendiri oleh pendiri pameran buku internasional Big Bad Wolf (BBW) Andrew Yap di konferensi pers Big Bad Wolf 2023, Jumat (10/5/2023).

“Saya rasa karena Indonesia adalah salah satu negara yang berpopulasi besar di dunia. Dan Indonesia adalah negara yang paling berkembang dalam ekonomi. Jadi, semua orang ingin mendapatkan pengetahuan, Dari mana kita dapat pengetahuan? Dari buku. Jadi, reaksi di Indonesia adalah luar biasa,” ungkapnya, dilansir dari Antara.

Dalam penjelasannya, masyarakat Indonesia terutama pemuda kebanyakan mulai membaca buku fiksi seperti “Harry Potter atau “The Hunger Games”. Penjualannya yang sangat baik membuktikan bahwa kaum muda Indonesia masih mau membaca buku dan tidak selalu terpaku pada gawainya.

Untuk itu, pihaknya akan menambah ketersediaan fiksi untuk memuaskan pencinta buku fiksi tanah air pada BBW tahun ini. Ada pula buku tentang bisnis hingga kesehatan yang juga menjadi incaran anak muda guna memperluas pengetahuan terhadap dunia luar.

Selain kaum muda, tren pembaca anak-anak saat ini juga dikatakan sedang meningkat. Terlebih selama gelaran BBW di Indonesia yang sudah kali ke tujuh, pihaknya mengatakan banyak anak telah bertumbuh dengan buku-buku yang dipamerkannya.

Hal tersebut menjadi faktor pendorong suksesnya penjualan buku kategori anak di BBW. Sebab belakangan ini, banyak orang tua menginginkan anaknya agar punya pengetahuan luas dan kemampuan Bahasa Inggris melalui buku.

Mengintip Penyebaran Penduduk Indonesia di Hari Populasi Sedunia

Big Bad Wolf 2023 Indonesia

Seperti diketahui, pameran buku Big Bad Wolf 2023 akan diselenggarakan di enam kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Balikpapan dan satu kota lain yang akan disampaikan lebih lanjut.

Menariknya, tahun ini pemilik BBW ingin berkesempatan membuka pameran di Papua dengan alasan pasar Papua yang potensial untuk dikembangkan. Pihaknya juga menilai bahwa adanya pameran buku di Indonesia Timur ini akan mempermudah masyarakat untuk mendapat akses informasi dalam buku.

Sementara itu, pameran buku “Big Bad Wolf 2023” di Tangerang akan berlangsung mulai tanggal 26 Mei sampai 5 juni 2023 di ICE BSD City. Pameran ini gratis untuk semua pengunjung dan dibuka pukul 09.00–24.00 WIB.

Misi Lindungi Hutan, Chashif Syadzali: Kami Ingin Tanam Pohon Sejumlah Penduduk Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini