Go Internasional! List Warung Kopi yang Sukses di Luar Negeri

Go Internasional! List Warung Kopi yang Sukses di Luar Negeri
info gambar utama

Siapa yang pernah mengunjungi Warkop (Warung Kopi)? Di Indonesia, warung kopi sudah banyak dijumpai di sekitar lingkungan kita, ya. Lalu, bagaimana jika Warkop 'merantau' ke luar negeri? Apakah warkop tersebut akan sukses di negeri orang?

Dengan membawa kearifan lokal, Warkop di luar negeri pastilah sukses. Berikut beberapa contoh Warkop yang sukses di luar negeri.

1. Warkop NYC

Siapa nih yang mengenal tentang Warkop NYC? Seperti namanya, Warkop NYC berada di Amerika Serikat, tepatnya Manhattan, New York City. Kota yang penuh orang dengan berbagai latar belakang ini ramai mengunjungi Warkop NYC.

Pada awalnya, Warkop NYC didirikan oleh Omar Karim Prawiranegara dengan beberapa temannya, seperti Teguh Chandra, Cut Lakeisha, dan Ditto. Dengan konsep kafe sederhana, Warkop NYC membawa kearifan Nusantara.

Beberapa menu yang disajikan, seperti mi instan, kopi susu aren, bubur kacang ijo, roti bakar, dan berbagai menu ala Warkop lainnya. Selain warga Amerika yang berkunjung, ternyata warga Indonesia juga pernah berkunjung di Warkop NYC. Sebab, mereka menginginkan kenangan kembali dari kampung halamannya di Indonesia. Apakah Kawan ingin menikmati kopi khas Indonesia dengan roti bakar di Warkop NYC?

Baca juga: Sejarah Warkop Tertua di Indonesia, Bakoel Koffie dan Warung Tinggi

2. Kafe Dangdut

Cafe Dangdut
info gambar

Kafe yang didirikan oleh penyanyi dangdut, Fitri Carlina ini ternyata meluaskan bisnisnya ke luar negeri, loh. Ia juga mendirikan bersama Dina Fatimah dan Romy Sembiring. Jika Kawan ingin mengunjunginya, Kawan bisa datang ke lokasi Long Island City, New York, Amerika Serikat.

Meskipun terkesan kafe luar negeri, beberapa interior dan exterior kafe masih bernuansa lokal ala Warkop di Indonesia. Pada awalnya, Kafe Dangdut menggunakan coffee truck selama setahun. Seiring berjalannya waktu, Kafe Dangdut memiliki lokasi permanen dan banyak pengunjung.

Di sana, Kawan bisa memesan berbagai menu kopi khas Indonesia, seperti kopi Gayo. Banyak pengunjung yang berasal dari warga lokal yang ingin bernostalgia dengan kopi-kopi khas Indonesia. Dalam background music, Kafe Dangdut memperkenalkan musik dangdut dan fashion Indonesia di lingkup kafenya.

Rencananya, kafe ini akan melebar bisnisnya ke New Jersey, Singapura, dan Filipina. Maka dari itu, kebutuhan investor untuk mengekspansi bisnis Kafe Dangdut sangat diperlukan.

3. Dua Kopi (Dua Coffee)C

Dua Kopi
info gambar

Apakah Kawan pernah mengunjungi Dua Kopi atau Dua Coffee di Cipete, Jakarta Selatan? Ternyata kafe dengan konsep Warkop ini juga melebarkan bisnisnya ke luar negeri, loh. Kafe yang didirikan oleh Rinaldi Pratama dan rekannya berhasil membuka bisnisnya di Washington DC, Amerika Serikat.

Pelebaran bisnis tersebut dibantu dengan kemitraan Presenter Vivit Kavi. Beberapa menu yang biasa disajikan, seperti kopi Arabika, kopi Robusta, kopi Gayo, dan kopi khas Indonesia lainnya.

Baca juga: Warkop Kian Mendunia, Kini Hadir di New York Amerika Serikat

4. Cafe Luwak

Cafe Luwak
info gambar

Pastinya Kawan sudah mengenal jenis kopi luwak, kan? Yap, jenis kopi ini memang memiliki popularitas tinggi di luar negeri. Untuk menginisiasi permintaan kopi luwak yang tinggi, Cafe Luwak pun didirikan di Busan, Korea Selatan.

Dengan konsep kafe dan warkop secara modern, Cafe Luwak berhasil memikat perhatian pengunjung, baik lokal maupun mancanegara. Selain menyajikan minuman kopi, kafe ini juga menyajikan beragam makanan, seperti nasi goreng dan mi instan.

5. Ngopi UK

Ngopi UK
info gambar

Kafe dan warkop modern ini sering menjadi incaran bagi warga Inggris Raya, loh. Yap, warkop tersebut adalah Ngopi UK. Perlu diketahui, beberapa pekerja di Ngopi UK mayoritas berasal dari Indonesia. Setelah memasuki warkop ini, Kawan akan menemukan berbagai sajian menu khas Indonesia, seperti gorengan, mi instan goreng dengan topping kornet, dan kopi khas Indonesia.

Tentunya, Ngopi UK bisa menjadi bahan nostalgia Kawan selama berada di UK, nih. Apakah Kawan tertarik untuk mengunjunginya?

Itulah beberapa warkop yang sukses di luar negeri. Pastinya ada banyak warkop dan kafe yang menawarkan konsep kearifan lokal di berbagai benua. Kawan bisa mendukungnya dengan membeli menu atau mengikuti media sosial dari berbagai warkop di atas, ya.

Referensi: tripzilla.id | kemenparekraf.go.id | okezone.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini