5 Rekomendasi Wisata Alam di Garut yang Memukau

5 Rekomendasi Wisata Alam di Garut yang Memukau
info gambar utama

Garut, sebuah kota di Jawa Barat, Indonesia, menyimpan pesona alam yang memukau bagi para wisatawan. Terkenal dengan lanskapnya yang indah, banyak destinasi wisata alam di Garut yang patut Kawan kunjungi.

Dengan ragam pilihan wisata yang menakjubkan, Garut menjadi surga bagi para pencinta alam. Mari jelajahi keajaiban alam yang ditawarkan oleh kota ini dan biarkan diri Kawan terpesona oleh keindahan alam Garut yang tak terlupakan.

Dari gunung yang menjulang hingga air terjun, berikut ini lima rekomendasi wisata alam di Garut yang akan memikat hati.

1. Gunung Papandayan

Bila Kawan suka mendaki, Gunung Papandayan layak dicoba. Berada di ketinggian 2665 mdpl, Gunung Papandayan menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Kawan dapat melakukan pendakian menuju puncak gunung ini dan menikmati panorama memukau, seperti kawah baru, kawah emas, dan hutan mati.

Jangan lewatkan juga untuk melihat pemandangan matahari terbit atau terbenam yang spektakuler di sini.

Baca juga: 5 Wisata Bukit di Indonesia Timur, Indah nan Memesona

2. Curug Orok

Ingin mencoba wisata air terjun? Curug Orok adalah air terjun yang tersembunyi di dalam hutan di wilayah Garut. Untuk mencapai curug ini, Kawan akan melewati jalan setapak yang menantang dan diapit oleh pepohonan hijau.

Tiba di Curug Orok, Kawan akan disuguhi air terjun yang indah dengan kolam alami yang menyegarkan. Nikmati suara gemercik air yang menenangkan dan suasana alam yang tenang di sekitarnya.

3. Pantai Santolo

Pantai Santolo
info gambar

Jika Kawan mencari pantai yang indah dan tenang, Pantai Santolo adalah pilihan yang tepat. Pantai ini terletak Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia.

Pantai Santolo ini menawarkan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan pemandangan pegunungan yang memukau. Kawan dapat bersantai di tepi pantai, berenang, atau menikmati panorama.

Baca juga: Bakal Jadi IKN, 7 Rekomendasi Wisata di Kalimantan Timur

4. Kawah Kamojang

Kawah Kamojang terletak di perbatasan Garut-Kabupaten Bandung, dalam area geothermal PLTU Kamojang. Tempat ini terkenal karena sumber uap panas bumi alaminya yang digunakan sebagai pembangkit listrik. Selain mengunjungi kawah, Kawah Kamojang juga bisa menjadi alternatif wisata saat mengunjungi Kampung Sampireun atau Kebun Mawar Situhapa.

Kunjungan ke Kawah Kamojang tidak hanya memberikan pengalaman menikmati keindahan alam yang memukau, tetapi juga kesempatan untuk melihat pemanfaatan sumber daya alam dalam pembangkit listrik.

Selain itu, rute perjalanan menuju Kawah Kamojang juga menawarkan pemandangan menarik dan melintasi tempat wisata lain seperti Kampung Sampireun dan Kebun Mawar Situhapa.

5. Kawah Talaga Bodas

Jika Kawan berminat untuk mengunjungi danau kawah di Jawa Barat, mungkin yang pertama terpikir adalah Kawah Putih di Bandung. Namun, tak hanya di Bandung, Garut juga memiliki danau kawah yang serupa dengan Kawah Putih, yaitu Kawah Talaga Bodas.

Kawah Talaga Bodas terletak di Gunung Talaga Bodas yang berdekatan dengan Gunung Sagara dan Gunung Galunggung. Puncak Gunung Talaga Bodas menjadi perbatasan antara Kabupaten Garut dan Tasikmalaya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Estetik di Nusa Tenggara Timur, Kawan Tertarik?

Itulah lima rekomendasi wisata alam di Garut yang memukau. Setiap destinasi menawarkan keindahan alam yang unik dan pengalaman yang tak terlupakan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keajaiban alam Garut saat Kawan berkunjung ke kota ini, ya!

Referensi: detik.com | nativeindonesia.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini