Keindahan Air Terjun Kiti-Kiti, Fenomena Alam Menakjubkan dari Fakfak

Keindahan Air Terjun Kiti-Kiti, Fenomena Alam Menakjubkan dari Fakfak
info gambar utama

Papua terkenal dengan wisata alamnya yang eksotis. Ketika alamnya yang masih terjaga, tersimpan keindahan tersembunyi di dalamnya. Salah satunya adalah wilayah Fakfak, Papua Barat.

Di Fakfak, salah satu keindahan itu bisa ditemukan di kawasan konservasi Taman Pesisir Teluk Nusalasi, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, yakni wisata alam terjun Kiti-Kiti. Wisata alam ini sangat menarik perhatian masyarakat.

Dimuat dari Kumparan. air terjun Kiti-Kiti berbeda dengan air terjun lainnya yang biasanya mengalir ke sungai. Kucuran deras air yang jatuh dari tebing air terjun langsung menuju ke arah laut lepas di Teluk Nusalasi.

Air Terjun Tukad Cepung, Wisata Alam Tersembunyi Di Bali

Karena itu tidak dipungkiri wisatawan akan mendapat pesona yang memukau. Pasalnya wisatawan bakal mendapatkan wisata two in one. Karena selain mandi di air terjun, berenang di laut lepas di sekitarnya juga bisa jadi pilihan wisata yang menarik.

Bisa melihat dasar laut

Air Terjun Kiti-Kiti memiliki warna biru jernih. Saking jernihnya wisatawan bahkan bisa melihat bagian dasar laut yang berisi terumbu karang, dan juga ikan-ikan cantik yang berenang bebas.

Jenis ikan yang berada di kawasan tersebut mulai dari berukuran kecil hingga besar seperti ikan pari, ikan kakap, ikan tuna, ikan tenggiri, dan jenis ikan-ikan lainnya. Hal ini menambah kekayaan dari Air Terjun Kiti-Kiti.

Selain itu, jika wisatawan memiliki hobi memancing, maka mereka bisa terpuaskan saat berada di sini. Karena dengan beragamnya ikan yang berada di Air Terjun Kiti-Kiti menjadikannya surga memancing.

Air Terjun Kanto Lampo, Pesona Indah Air Terjun Suci Di Bali

Air terjun Kiti-Kiti yang dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang belum banyak terjamah oleh manusia, memberikan keasrian pada tempat wisata satu ini, selain itu juga hamparan pegunungan terbingkai cantik yang bersatu padu.

Beberapa kegiatan juga bisa dilakukan oleh wisatawan saat mengunjungi Air Terjun Kiti-kiti, yaitu diving melihat pemandangan bawah laut yang menakjubkan dan juga berswafoto dengan latar air terjun atau pantai yang didapatkan dua latar pemandangan sekaligus.

Mencapai lokasi

Air terjun Kiti-Kiti yang terletak di kawasan konservasi Taman Pesisir, Desa Wisata Maas, Teluk Nusalasi, Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Agar bisa mencapai air terjun Kiti-Kiti, wisatawan bisa menggunakan speed boat dari Pelabuhan Fakfak.

Wisatawan juga bisa menggunakan Kapal Pinisi Kurabesi Explorer. Dari Fakfak atau Kabupaten Kaimana, jaraknya sekitar 5-6 jam. Sedangkan kalau ingin lebih cepat, bisa menggunakan perahu motor fiber bermesin ganda dari Fakfak.

“Tapi, jatuhnya harganya lebih mahal kalau pakai boat bisa. Kamu bayar 12 orang itu bisa 4 sampai 6 juta sekali jalan,” kata kepala Kru Kurabesi Muhammad Nur Mandriansyah.

Menikmati Kesunyian Dan Keindahan Air Terjun Leke-Leke Bali

Kendati memakan waktu yang cukup lama, perjalanan tak begitu membosankan karena sepanjang perjalanan wisatawan disuguhi oleh indahnya panorama alam Papua Barat. Walau tentunya untuk menuju kawasan wisata cukup berat medannya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini