Dubes Prancis dan Delegasi Bertandang ke IKN, Berminat Investasi?

Dubes Prancis dan Delegasi Bertandang ke IKN, Berminat Investasi?
info gambar utama

Duta Besar Prancis untuk Indonesia Fabien Penone beserta sejumlah delegasi pimpinan perusahaan Prancis dikabarkan mengunjungi kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Senin (12/6/2023). Kepala Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono yang menjadi tuan rumah lantas mengajak rombongan ini berkeliling ibu kota baru.

“Pada pagi hari ini saya menjadi tuan rumah dari rombongan perusahaan-perusahaan, pebisnis dari prancis. Ini tahap pertama dari engagement ataupun interest dari pebisnis di Prancis (untuk berinvestasi di IKN), sekitar 20-an pengusaha-pengusaha ingin melihat langsung di lapangan,” kata Kepala OIKN, dilansir dari laman resmi IKN.

Kunjungan dari Prancis itu disebut menjadi yang pertama kalinya calon investor dari Eropa bertandang langsung ke IKN. Mereka terdiri dari berbagai sektor industri seperti energi, teknologi cerdas, material ramah lingkungan, dan lainnya.

Perusahaan Bulgaria Kepincut Investasi di IKN Senilai Rp744 Miliar

Tawarkan lahan campuran

Kepala OIKN menegaskan bahwa kunjungan kali ini bukan sekadar kunjungan, tetapi akan direalisasikan dalam bentuk investasi di IKN. Tak hanya investasi dalam rangka menjadi investor, rombongan yang datang pun dikatakan bakal menjadi pelaku bisnis.

Pihaknya menawarkan kepada rombongan, lahan campuran atau mixed-use untuk perdagangan dan jasa di IKN. Lokasi lahan campuran ini nantinya akan dibangun pusat perbelanjaan yang cukup besar di tahun 2024.

Menurut data Kedeputian Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, saat ini di area seluas 7,30 Ha sudah ada calon investor yang berkomitmen untuk berinvestasi. Secara keseluruhan terdapat 71 klaster lahan campuran untuk investor yang tersebar di area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Lahan campuran tersebut dibuat agar dapat meminimalkan perjalanan antar kawasan dan penyediaan fasilitas umum, seperti sekolah dan kawasan komersial yang cukup untuk setiap kawasan. Hal ini akan membuat setiap kawasan dapat berfungsi mandiri dan terkoneksi sehingga memungkinkan kepadatan dan tingkat keterjangkauan yang tinggi.

LoI keempat dari Prancis

Tak hanya berkunjung ke kawasan Nusantara, delegasi perusahaan Prancis juga menyampaikan letter of intent (LoI) kepada OIKN melalui Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Agung Wicaksono. Penyerahan Lol ini menjadi yang keempat yang diserahkan Prancis, dari total 223 Lol yang diterima.

Adapun rincian negara-negara yang elah menyampaikan Lol tersebut berasal dari: Indonesia sebanyak 106, Malaysia 16, China 15, Filipina 1, USA 9, UK 3, Singapura 22, Luksemburg 1, Jerman 1, Jepang 26, Prancis 4, Korea Selatan 2, Spanyol 1, Finlandia 2, UEA 2, Kanada 1, dan Brunei Darussalam 1.

Deputi Agung menyebut sudah banyak minat dari para pimpinan perushaan Prancis yang menanyakan terkait insentif dan kemudahan di IKN. Lebih lanjut, pihaknya berharap negara-negara Eropa lainnya mengikuti Prancis untuk berminat investasi di IKN.

Sudah Ada 228 Komitmen Investasi yang Masuk IKN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini