Perusahaan Bulgaria Kepincut Investasi di IKN Senilai Rp744 Miliar

Perusahaan Bulgaria Kepincut Investasi di IKN Senilai Rp744 Miliar
info gambar utama

Satu demi satu perusahaan asing terus berdatangan menanamkan modalnya ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Teranyar, produsen makanan terkemuka asal Bulgaria, BELLA Food Company, menunjukkan minatnya untuk berinvestasi di IKN. Tak main-main, total dana yang bakal digelontorkan mencapai 50 juta dolar AS atau setara Rp744,2 miliar.

Minat investasi tersebut disampaikan dalam pertemuan Kementerian Investasi Indonesia/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dengan calon investor Bulgaria yang difasilitasi oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Bulgar, Makedonia Utara dan Albania, Iwan Bogananta, Kamis (8/6/2023).

Keseriusan untuk berinvestasi ditandai dengan Ketertarikan untuk berinvestasi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan dan Letter of Intents (LoI) antara Founder BELLA Dimitrios Vitzilious dengan Direktur Promosi Sektoral, Kedeputian Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Sri Endang Novitasari.

Sudah Ada 228 Komitmen Investasi yang Masuk IKN
Penandatangan LoI antara pihak Indonesia dan Bulgaria | KBRI Sofia
info gambar

Pertemuan itu merupakan tindak lanjut dari kunjungan para calon investor Bulgaria ke IKN pada April 2022 lalu.

Dimitri mengatakan, dirinya tertarik berinvestasi untuk pengembangan sektor energi terbarukan serta rantai pasok industri makanan dan minuman di IKN. Menurutnya, investasi jangka pendek sangat menarik dalam membantu pengembangan IKN.

"Tidak menutup kemungkinan grup perusahaan kami akan berinvestasi dalam jangka panjang," kata Dimitri, dalam keterangan tertulis Dubes Bulgaria, Minggu (11/6/2023).

Pemerintah Indonesia menyambut baik keinginan calon investor Bulgaria. Kementerian Investasi menawarkan sejumlah peluang investasi dan insentif, seperti keringan pajak atau tax holiday yang dapat dijadikan tolok ukur dalam menarik minat para calon investor.

Dubes Iwan Bogananta menambahkan, keseriusan investor Bulgaria untuk berinvestasi dan melakukan penetrasi bisnis di Indonesia, khususnya IKN, merupakan salah satu dari sekian banyak kontribusi aktif KBRI Sofia dalam memajukan pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.

"Sebelumnya, KBRI Sofia juga aktif melakukan promosi intensif produk-produk ekspor Indonesia kepada para invstor Bulgaria, mulai dari tepung kelapa, bulu mata, tekstil sampai dengan outbound investment pengembangan pabrik makanan Indonesia di Bulgaria," tutur Iwan.

Mengenal Filosofi Pohon Hayat, Logo IKN Nusantara yang Baru Saja Diluncurkan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini