Alat Konversi Motor Listrik Lokal dari Elders Garage Tembus Pasar Eropa

Alat Konversi Motor Listrik Lokal dari Elders Garage Tembus Pasar Eropa
info gambar utama

Kendaraan listrik kerap dianggap sebagai pilihan transportasi masa depan. Saat ini, berbagai perusahaan otomotif pun berlomba-lomba untuk memproduksi motor atau mobil berbasis listrik.

Terkait dengan industri kendaraan listrik ini, tidak hanya perusahaan besar saja yang bergerak di dalamnya, tetapi industri skala kecil dan menengah lokal pun turut berpartisipasi.

Satu contohnya adalah produksi alat konversi listrik dari Elders Garage. Yang mana, alat konversi tersebut berguna untuk mengubah kendaraan dengan bahan bakar bensin menjadi listrik sepenuhnya.

Elders Garage adalah sebuah bengkel dan komunitas sepeda motor di Indonesia yang memproduksi kit konversi plug and play bernama Elders Elettrico. Kit ini telah digunakan untuk beberapa jenis sepeda motor yang sering digunakan oleh komunitas, seperti Vespa, Honda C70, dan Astrea Grand.

Mengingat potensinya yang semakin terbuka di era inovasi kendaraan listrik, industri demikian pun turut didukung oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Pemerintah Siapkan Rp350 M Buat Subsidi 50 Ribu Motor Listrik di 2024

Mengutip dari indonesia.go.id, dalam pelepasan produk Elders Garage di Vespa World Day Swiss pada 15-18 Juni 2023, Agus Gumiwang selaku Menteri Perindustrian mengapresiasi upaya industri kecil dan menengah ini karena dapat menembus pasar global.

Nantinya, Elders Garage akan mengirimkan 240 alat konversi kendaraan listrik plug and play ke Eropa pada tahun ini sesuai dengan perjanjian yang telah dilakukan kepada komunitas Vespa di Swiss.

"Saya turut bangga atas karya anak bangsa yang berhasil menembus pasar global," tutur Menperin di Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Menurut Heret Frasthio selaku Chief Executive Officer (CEO) Elders Garage dan founder Elders Company, potensi pengguna kendaraan bermotor untuk melakukan konversi nantinya akan semakin bertambah. Apalagi dengan adanya subsidi yang diberikan pemerintah.

“Kembali lagi, regulasi dan kebijakan subsidi harus jelas. Bila tidak jelas dan sulit, nantinya orang tidak minat membeli,” ujarnya sebagaimana dikutip dari merdeka.com.

Pilihan konversi dapat jadi alternatif untuk pengguna kendaraan roda dua yang belum ingin membeli motor listrik. Mengubah mesin motor yang berbahan bakar bensin ke motor listrik ke bengkel yang memberikan jasa konversi dapat menjadi pilihan.

5 Fakta Pendaftaran Subsidi Konversi Motor Listrik yang Mulai Dibuka Hari Ini

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini