Pemberdayaan SDM di Desa Wisata Toyomarto, Dalam Pelatihan Mini Course Oleh Elice Creative

Pemberdayaan SDM di Desa Wisata Toyomarto, Dalam Pelatihan Mini Course Oleh Elice Creative
info gambar utama

Malang, 17 Juni 2023 -Mini Course merupakan kegiatan pematerian dan pelatihan terhadap pihak internal digital team dari Desa Toyomarto yang merupakan rangkaian Pra-Event dari Kagungan Sumberawan. Mini Course ini adalah sebuah wadah bagi para digital team dari Desa Toyomarto dan juru pelihara Candi Sumberawan yang mana sekaligus sebagai pengelola media sosial wisata Candi Sumberawan itu sendiri.

Tujuannya adalah untuk melatih kemampuan dalam mengembangkan konten, copy writing dalam membuat caption, berpikir kreatif, dan responsif terhadap basic design sebuah konten. Dengan diadakannya mini course private untuk internal ini, diharapkan aksi nyata yang dapat dilakukan oleh para partisipan yang hadir.

Guna memaksimalkan fungsi perannya, sebagai partsipan acara dalam melakukan pengimplementasian. Dari mulai pengguanaan konten plan hingga copy writing dalam pembuatan sebuah caption.

Indonesia Beli 13 Radar Militer dari Prancis, Jaga Kedaulatan Wilayah Udara

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Elice Creative, yang mana merupakan sebuah kelompok mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang dari Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dalam rangka untuk memenuhi mata kuliah Praktikum 3 Public Relations Strategy & Management Event.

Mini Course ini sendiri diadakan secara offline di kantor Desa Toyomarto dan diadakan dari pukul 10.00-12.00 WIB. Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekertaris Desa Toyomarto yaitu Anas F.

Kegiatan ini juga dihadiri lebih dari 10 partisipan yang telah diundang dari berbagai instansi Desa Toyomarto. Di antaranya juru pelihara Candi Sumberawan, Team Digital Cakrawala, Ansar NU, Karang Taruna Desa Toyomarto, Komunitas Muda Mudi Ngunjung, dan KK Omah Kreatif.

Kegiatan mini course dengan pihak internal Desa Toyomarto ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian digital team dan juga masyarakat yang terkait mengenai pentingnya media sosial di era digital. Untuk melakukan publikasi dengan baik dan benar agar sasaran yang dituju bisa sesuai dengan apa yang diinginkan serta melakukan pengimplementasian penggunaan content plan.

Kegiatan mini course ini dilaksanakan dengan menghadirkan pemateri yang expert dibidang sosial media. Pemateri yang hadir yaitu Ramadhan Permana A, S.Ikom atau biasa disebut dengan Ramadhan Kwon. Beliau merupakan seorang social media strategist pada suatu agensi. Pada kegiatan mini course ini juga dipandu oleh moderator, yaitu Hani Yulia mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2020.

Dalam mini course ini, penyampaian materi yang akan diberikan dari pemateri yakni:

  1. Pengertian sosial media.
  2. Fungsi dan pentingnya sosial media pada era digital saat ini.
  3. Cara mengelola sosial media untuk desa wisata.
  4. Tugas dan tanggung jawab dari social media management.
  5. Pembuatan konten yang sesuai dengan audiens.
  6. Tahapan dalam pembuatan sebuah konten.
  7. Pengimplementasian penggunaan content plan.

Setelah pemateri selesai menyampaikan materinya, Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Lalu kegiatan diisi dengan pengimplementasian penggunaan content plan yang melibatkan seluruh partisipan. Di mana partisipan turun dalam pembuatan content plan sesuai dengan brief yang telah diberikan untuk mengukur pemahaman partisipan terhadap materi mengenai workflow dari pembuatan konten.

Setelah sesi tanya jawab dan pengimplementasian berakhir dilanjutkan dengan sesi dokumentasi. Bersama seluruh panitia penyelenggara, partisipan yang hadir, dan pemateri.

Kenali Nagari Pandai Sikek yang Ekonomi Warganya Bergantung dari Kain Tenun

Salah seorang peserta juga di tanya bagaimana kesan dan pesan untuk acara ini, "kesannya sangat berterima kasih kepada Team Elice Creative, kegiatan ini cukup bagus. memberikan wawasan bagi Kawan Muda. ngga semua orang punya kesempatan seperti ini. Untuk Kawan-Kawan yang hadir juga sangat menarik ya, apalagi bagian membuat content plan. Kalau saya memang sudah tidak asing, karena dulu pernah memegang akun instagram suatu instansi. Tapi kan, Kalau untuk Kawan lainnya belum," ujar Faris, selaku Peserta Pelatihan.

Selesai sudah kegiatan mini course dengan tema “Pengoptimalan Sosial Media Sebagai Media Publikasi”. Diharapkan partisipan yang hadir dapat menyadari dan memahami fungsi dari sosial media sebagai media publikasi. Utamanya di era digital seperti sekarang ini hingga bagaimana cara membuat konten yang menarik perhatian audiens yang ingin dituju.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

EC
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini