Lamak Bana! Nasi Padang Ini Bisa Awet Setahun Tanpa Pendingin

Lamak Bana! Nasi Padang Ini Bisa Awet Setahun Tanpa Pendingin
info gambar utama

Nasi Padang tidak lepas dari inovasi. Kini, ada nasi padang yang bisa awet sampai setahun tanpa perlu pendingin.

Siapa suka nasi Padang? Makanan satu ini punya banyak penggemar di berbagai penjuru Indonesia. Tidak heran juga jika rumah makan yang menjualnya pun ada di mana-mana, mulai dari warung pinggir jalan sampai restoran mewah.

Nasi Padang dikenal punya lauk yang beragam, sementara itu cara makannya yang lazim adalah makan di tempat atau dibungkus untuk dibawa pulang. Nah, kini ada pula nasi Padang yang bisa disimpan lama karena sangat awet, bahkan bisa sampai setahun.

Nasi Padang itu tersedia dalam bentuk instan. Dari mana asalnya dan bagaimana nasi Padang instan itu diciptakan?

Nasi Padang Jadi Makanan Terenak di Asia versi TasteAtlas

Menu Lengkap, Tinggal Tambah Air

Adalah Peneliti Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), Universitas Andalas (Unand) yang menemukan nasi Padang instan. Seperti halnya makanan instan pada umumnya, nasi Padang ini dikemas dalam kemasan khusus, lalu tinggal disiapkan jika ingin dimakan.

Nasi Padang instan dikemas dalam kemasan plastik vakum kedap udara setelah sebelumnya dilakukan proses sterilisasi. Inilah yang membuat nasi Padang instan bisa awet setahun karena makanannya menjadi tidak terkontaminasi bakteri.

Cara menyiapkannya pun tentu saja mudah. Mirip dengan mi instan, nasi Padang instan hanya perlu ditambah air agar siap dimakan. Hebatnya lagi, proses penyiapannya tidak membutuhkan alat pemanas tambahan seperti kompor.

Satu hal yang membuat penasaran mungkin seperti apa lauk dan sayur nasi padang instan ini. Menurut Ketua Tim peneliti Nasi Padang Instan Dr. Feri Arlius Dt. Sipado, makanan ini terdiri dari nasi putih, sayur, serta lauk berupa daging.

"Nasi Padang instan, yang terdiri dari nasi, rendang, dan sayur yang sudah dikeringkan dan disterilkan sehingga dapat dipanaskan kembali. Nasi yang terkenal enak itu cukup menarik minat pengunjung karena beberapa keunggulannya. Seperti dapat tahan hingga satu tahun di suhu ruang, dan tidak perlu air panas sebab kemasan Nasi Padang Instan itu sudah dilengkapi kapsul pemanas," ujar Dr. Feri Arlius Dt. Sipado, seperti dilansir ANTARA.

Itulah bagaimana nasi Padang instan diproduksi dan dihidangkan. Lalu, dari mana ide membuat makanan tersebut berasal? Diakui Dr. Feri Arlius Dt. Sipado, ide ini bermula dari keresahan karena sangat terbatasnya makanan yang bisa dikonsumsi korban bencana alam.

Korban bencana alam yang mengungsi biasanya hanya dapat makan mi instan setiap hari. Oleh karena itu, nasi Padang instan ini nantinya bisa menjadi variasi sekaligus alternatif makanan bagi korban bencana alam. Selain itu, prajurit TNI dan jemaah haji pun dapat memanfaatkan makanan satu ini.

Tertarik mencicipi? Nanti dulu, sebab nasi Padang instan kini masih diproduksi terbatas di laboratorium meski ada juga investor yang tertarik untuk memproduksi secara massal.

Bos Rumah Makan Buka Rahasia, Kunci Kelezatan Nasi Padang Terungkap



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini