Terpilihnya Indonesia Jadi Dewan Eksekutif UNWTO Akan Mendongkrak Potensi Pariwisata

Terpilihnya Indonesia Jadi Dewan Eksekutif UNWTO Akan Mendongkrak Potensi Pariwisata
info gambar utama

Per tanggal 16 Juni 2023 kemarin, ndonesia berhasil terpilih sebagai anggota Dewan Eksekutif United Nation World Tourism Organization (UNWTO) masa jabatan 2023-2027. Selain Indonesia, China, Korea Selatan, dan Jepang juga turut menjadi perwakilan wilayah Asia Timur dan Pasifik.

Pemilihan tersebut berlangsung dalam acara "55th Meeting of the UNWTO Commission for East Asia and The Pacific (CAP)" yang diadakan di Sokha Residence, Phnom Penh, Kamboja, pada Jumat, 15 Juni 2023. Keberhasilan ini merupakan hasil dari kolaborasi yang baik antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Luar Negeri, serta perwakilan Indonesia yang terakreditasi di negara anggota CAP.

"Alhamdulillah, saya sampai merinding dan terharu bahwa Indonesia mendapat kepercayaan yang luar biasa. Dalam voting, Indonesia berhasil mendapatkan 16 suara mengalahkan Tiongkok dengan 15 suara, Jepang 14 suara, Korea Selatan 12 suara, dan Thailand 11 suara," kata Menparekraf Sandiaga dalam "Weekly Brief with Sandi Uno", Senin (19/6/2023).

Indonesia memiliki tanggung jawab menyusun program-program UNWTO di wilayah Asia Pasifik untuk dilaporkan dalam General Assembly.

Temukan Kopi Terpopuler di Asia Tenggara di Sini!

Pengembangan pariwisata lokal dan internasional

Terpilihnya Indonesia sebagai salah satu anggota Dewan Eksekutif ini pun jadi angin segar dalam kemajuan pariwisata dalam negeri agar bisa semakin mendunia.

Hal ini juga menjadi bukti kalau dunia telah percaya dengan Indonesia khususnya di sektor pariwisata. Kedudukan Indonesia sebagai anggota Dewan Eksekutif UNWTO akan meningkatkan peran Indonesia dalam pengembangan pariwisata baik secara nasional maupun global.

Selama kegiatan di Kamboja, Indonesia juga menandatangani pernyataan resmi mengenai kode internasional yang ditetapkan oleh UNWTO untuk melindungi para wisatawan. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk memberikan jaminan keamanan bagi para wisatawan internasional yang berencana melakukan perjalanan ke berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Di masa depan, Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan pariwisata di wilayah Asia Timur, ASEAN, dan Pasifik dengan fokus pada aspek pariwisata yang berkelanjutan, pengembangan sumber daya manusia, digitalisasi, dan transformasi pariwisata. Indonesia juga menjadi bagian dari Task Force on "Redesigning Tourism for The Future".

Dari keanggotaan dalam tim khusus UNWTO ini, Indonesia memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam merancang masa depan sektor pariwisata global. Konsep pariwisata baru ini diharapkan akan membawa dampak positif bagi sektor pariwisata secara global dan juga di Indonesia.

Dengan demikian, diharapkan akan tercipta peluang usaha yang lebih luas dan peningkatan lapangan kerja di sektor pariwisata.

Bangkitkan Hi-Tech Mall, Pusat Elektronik Terbesar di Wilayah Indonesia Timur

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini