Bangkitkan Hi-Tech Mall, Pusat Elektronik Terbesar di Wilayah Indonesia Timur

Bangkitkan Hi-Tech Mall, Pusat Elektronik Terbesar di Wilayah Indonesia Timur
info gambar utama

Warga Surabaya telah lama mengenal salah satu pusat perbelanjaan bernama Hi-Tech Mall. Pusat perbelanjaan yang menjual berbagai macam produk teknologi ini terletak di Jalan Kusuma Bangsa, Surabaya.

Mall ini dibangun dari tahun 1986 dan selesai sekitar awal 1989 sebagai bagian dari pengembangan Taman Hiburan Rakyat Surabaya yang legendaris, berdiri di bekas lahan Pasar Malam dan THR itu sendiri.

Kilas Sejarah Gedung Singa: Cagar Budaya dari Arsitektur Terbaik di Belanda

Selain pusat perbelanjaan, juga dibangun pusat kesenian baru yang terdiri dari panggung Srimulat, wayang, ketoprak, ludruk, kolam renang dan arena terbuka yang sudah diserahkan kepada Pemkot Surabaya

Awalnya mall ini hanya diberi nama Surabaya Mall, tetapi Pemkot menolak karena ketiadaan kata Taman Hiburan Remaja. Pasalnya nama itu telah menjadi ikon dari pengembangan mall tersebut.

Mall elektronik terbesar

Pada tahun 1990-an, gedung ini masih bernama Mega Mall tetapi memasuki tahun 2000-an berubah menjadi Hi-Tech Mall. Mall ini kemudian dijadikan pusat elektronik terbesar di wilayah Surabaya.

Hi-Tech Mall Surabaya kemudian menjadi pertokoan komputer dan barang elektronik paling terkenal di era tahun 2000-an. Tempat itu menjadi rujukan bagi setiap orang yang ingin berburu komputer dan laptop.

Tak hanya warga Surabaya, tak jarang warga luar kota rela datang demi berburu barang elektronik berkualitas. Tak heran Hi-Tech Mall kerap dijuluki Pasar IT terbesar di seluruh Indonesia Timur.

Menjelajah Kampung Arab, Ragam Memori Bersejarah dari Wilayah Surabaya

Namun seiring berkembangnya zaman, popularitas Hi-Tech Mall meredup. Hal ini bersamaan dengan munculnya era gadget yang lebih ringkas dan mudah dibeli melalui belanja online.

PT Sasana Boga, pemegang hak guna usaha gedung Hi Tech Mall memilih tidak memperpanjang haknya yang berakhir pada 31 Maret 2019. Mall empat lantai ini kemudian dikembalikan ke Pemkot Surabaya.

“Pemkot akan mengambil alih Hi-Tech Mall setelah gedung diserahkan. Selanjutnya akan jadi sentra UKM dan gedung kesenian,” kata Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Kota Surabaya, Maria Ekawati Rahayu dimuat dari Tribunews.

Dihidupkan lagi

Setelah lama tidak tersentuh, Pemkot Surabaya berencana mengembalikan kejayaan Hi-Tech Mall. Hal ini sejalan dengan pengembangan THR dan Taman Remaja untuk menjadi tempat kesenian modern di Surabaya.

“Kemarin (pedagang) ditata. Mereka dipindah ke (lantai) bawah. Prinsipnya, kami berusaha kembalikan Hi-Tech Mall agar kembali ramai,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Setelah pedagang dipusatkan ke lantai dasar, fasilitas di lantai 2 dan 3 akan diperbaiki. Selain mempercepat perbaikan fasilitas, harapannya ini akan menghemat biaya pemeliharaan gedung selama ini.

Pantai Kenjeran Surabaya, Menikmati Sunset yang Indah di Kota Surabaya

Pemkot Surabaya juga akan melanjutkan rencana pembangunan Gedung THR dan Taman Remaja sebagai wahana pertunjukan. Spot yang berada dalam satu komplek dengan Hi-Tech Mall ini diharapkan bisa saling terintegrasi.

“Di situ kan dulu ada gedung kesenian dan Taman Remaja. Maka, ketika membangun ya jadikan satu. Tidak bisa dipisah. Bagaimanapun konsepnya harus berbagi,” katanya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini