7 Ide Kerja Sampingan bagi Pekerja Kantoran, Nambah Pendapatan!

7 Ide Kerja Sampingan bagi Pekerja Kantoran, Nambah Pendapatan!
info gambar utama

Apakah Kawan merupakan pekerja kantor? Lalu, apakah Kawan ingin menambah pendapatan selain gaji? Sebelum itu, Kawan mungkin berasalan untuk mencari pekerjaan sampingan.

Tentunya, pekerjaan tersebut tidak boleh bentrok dengan waktu pekerjaan utama. Maka dari itu, pekerjaan sampingan ini biasanya harus dijalankan secara fleksibel. Meskipun fleksibel, pekerjaan sampingan tetap menambah pendapatan, pengalaman, dan keterampilan diri, loh. Lalu, seperti apa ide kerja sampingan yang cocok untuk pekerja kantoran?

Ide Kerja Sampingan bagi Pekerja Kantor

1. Penulis atau Editor

Apakah Kawan jago dalam menulis? Tentunya, kemampuan tersebut bisa digunakan untuk menghasilkan uang, lo. Saat ini, ada banyak platform yang menyajikan wadah bagi penulis dalam mempublikasikan karyanya, seperti artikel atau konten.

Selain itu, ada lowongan penulis atau editor lepas dari website freelancer. Kawan bisa melamar dalam pekerjaan tersebut. Kerjanya juga cukup fleksibel sehingga pekerjaan utama Kawan tidak akan terganggu.

2. Desain Grafis

Jika Kawan menyukai desain digital, maka Kawan bisa mencoba profesi ini. Desain grafis memang merupakan pekerjaan yang fleksibel. Meskipun begitu, Kawan butuh kemampuan teknikal dan portofolio yang bagus untuk menarik perhatian klien, nih.

Baca juga: Kenali Jenis Helm Proyek yang Digunakan Pekerja Konstruksi

Desain grafis bisa menjadi pekerjaan sampingan, apabila Kawan mencoba jenis pekerjaan yang freelancer. Kawan bisa menawarkan jasa itu ke teman, kerabat, atau keluarga. Kawan juga bisa melakukan promosi kemampuan di website freelancer, seperti Fiverr atau UpWork.

3. Penerjemah

Jasa translator memang cukup dibutuhkan di Indonesia. Meskipun sudah ada Google Translate, translator tetap menjadi idaman bagi orang-orang yang ingin melakukan penerjemah dokumen secara valid.

Pekerjaan sampingan ini juga cocok bagi Kawan yang jarang bersolisasi. Kawan hanya perlu menerima pekerjaan dari klien, lalu menafsirkan bahasa asing tersebut ke bahasa yang diinginkan. Hal yang paling penting menjadi translator adalah kemampuan bahasa dan komunikasi.

4. Ojol

Saat ini, banyak orang yang menjadi profesi ojol (ojek online) sebagai pekerjaan sampingan. Hal ini terjadi karena Kawan bisa mendaftar aplikasi tersebut dan tidak perlu komitmen yang serius.

Kawan akan mendapat komisi, apabila Kawan berhasil melakukan pengantaran barang atau penumpang. Maka dari itu, profesi ini cukup fleksibel. Kawan hanya perlu transportasi pribadi dan lisensi pengemudi yang lengkap.

Baca juga: Wajib Miliki Karakter Pekerja Ini Jika Ingin Dilirik Perusahaan! Apa Aja Sih?

5. Event Organizer

Biasanya ada event organizer yang membutuhkan jasa freelancer sebagai kru acara. Kru tersebut bisa membantu acara berupa pernikahan, reuni, seminar, pameran, konser, atau acara lainnya. Untuk menjadi staff, lazimnya terdapat seleksi tulis dan wawancara.

Maka dari itu, Kawan bisa mengikuti volunteer atau kepanitiaan untuk mendapat pengalaman. Hal ini agar CV Kawan dilirik oleh pihak event organizernya.

6. Bisnis Toko Online

Banyak pekerja atau karyawan kantor yang melakukan bisnis sampingan. Bisnis tersebut dijalankan sepenuhnya secara online. Kawan tidak perlu gudang yang besar dan jam operasional tertentu. Dalam bisnis online, Kawan bisa melakukan secara fleksibel.

Namun, tetap diingat bahwa bisnis online juga punya resiko tinggi. Maka dari itu, Kawan harus tepat memilih barang atau jasa yang ditawarkan kepada calon pelanggan, tetapi tidak menganggu pekerjaan utama Kawan.

Beberapa bisnis online yang disarankan, seperti reseller, affliate marketing, jasa desain, kostum baju, dan thrift. Apakah Kawan ingin memulai bisnis online?

7. Fotografer dan Videografer

Fotografer
Fotografer dan Videografer membutuhkan kemampuan khusus yang bisa dipelajari secara otodidak atau kelas fotografi. | Sumber: Pexels.com (Jordan Benton)

Profesi ini memang banyak diincar bagi calon freelancer. Kawan perlu kamera yang bisa melakukan foto atau video. Dalam pekerjaan ini, Kawan butuh portofolio agar bisa dilirik oleh calon klien.

Dengan portofolio yang bagus, Kawan bisa mendapat klien dan penghasilan dari proyek tersebut. Beberapa cara lain adalah Kawan bisa menjual foto atau video ke situs web, membuka jasa foto pre-wedding, atau mengikuti lomba foto.

Itulah beberapa informasi seputar ide pekerjaan sampingan yang coock untuk pekerja kantoran. Perlu diingat, Kawan tidak harus mengandalkan penghasilan utama berupa gaji untuk nafkah hidup. Kawan juga perlu menambah penghasilan agar Kawan bisa lakukan upgrade diri.

Referensi: deepublishstore.com | virtualofficeku.co.id | jojonomic.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini