Carbon Academy: Mengubah Masa Depan dengan Edukasi Iklim dan Keberlanjutan

Carbon Academy: Mengubah Masa Depan dengan Edukasi Iklim dan Keberlanjutan
info gambar utama

Krisis iklim yang sedang kita hadapi saat ini memiliki dampak yang luas, tidak hanya bagi generasi saat ini, tetapi juga bagi pemuda dan generasi masa depan. Meski begitu, edukasi iklim masih minim dikembangkan dalam kurikulum sekolah di seluruh dunia, dan akses ke edukasi iklim yang berkualitas hanya dimiliki oleh segelintir orang.

Akan tetapi, terdapat laporan menarik dari Pearson Global Learner Survey 2021, bahwa lebih dari tiga perempat penduduk dunia secara aktif mencari pendidikan mandiri tentang perubahan iklim. Kabar baik ini menunjukkan bahwa setiap individu memiliki potensi untuk berkontribusi dalam membawa perubahan baik pada planet ini.

Sejalan dengan hal tersebut, dibentuklah Carbon Addons pada akhir tahun 2021, sebuah startup teknologi iklim yang dipimpin oleh kaum muda di Indonesia dengan tujuan untuk menghadirkan perubahan seismik dalam dunia edukasi. Startup ini berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon global melalui pengembangan platform netral karbon yang dapat diakses oleh semua orang.

Melalui penyeimbangan karbon yang bernilai dan dapat dilacak, Carbon Addons mampu menetralkan lebih dari 31,2 juta ton jejak karbon yang dihasilkan dari pembelian online di Indonesia sebelum pembayaran transaksi dilakukan.

Berkaitan dengan edukasi, melalui platformnya Carbon Academy, mereka berkomitmen untuk mempersiapkan generasi mendatang agar dapat memberikan kontribusi besar terhadap keberlanjutan dan ekosistem yang tahan iklim di Indonesia. Carbon Academy menjadi wadah pembelajaran terkait iklim dan keberlanjutan bagi pemuda dan profesional muda. Melalui platform ini, Carbon Addons percaya bahwa mereka dapat memberdayakan jutaan pelajar untuk menggali potensi mereka dan menjadi agen perubahan iklim pada tahun 2030.

Salah satu langkah nyata dan keberhasilan Carbon Academy ini adalah terpilihnya sebagai salah satu finalis Green Skills Award 2023, inisiatif global yang dibuat oleh European Training Foundation (ETF). Penghargaan ini mengakui inovasi yang dilakukan oleh Carbon Addons dalam mengembangkan platform pendidikan yang komprehensif, khususnya untuk pemuda dan profesional muda.

Carbon Academy, sebagai inisiasi utama Carbon Addons, dirancang untuk melibatkan dan menginspirasi generasi penjaga lingkungan berikutnya. Platform ini menyediakan berbagai sumber daya pendidikan, modul interaktif, dan alat praktis yang dapat memperdalam pemahaman pemuda dan profesional muda tentang perubahan iklim, isu keberlanjutan, serta keterkaitan antar sistem lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Mohammad Naufal, Pendiri dan CEO Carbon Addons, mengungkapkan kehormatan mereka atas terpilihnya Carbon Academy sebagai finalis Green Skills Award. Dia menyampaikan bahwa misi mereka adalah membentuk generasi pemuda yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan semangat untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Nominasi ini menjadi hasil dari kerja keras seluruh tim dan juga bukti nyata dari dampak positif yang dihasilkan oleh platform pendidikan mereka.

Melalui pemberian pengetahuan yang komprehensif dan keterampilan praktis kepada pemuda dan profesional muda, Carbon Addons berharap dapat menumbuhkan generasi pemimpin yang mampu merancang dan menerapkan solusi berkelanjutan. Mereka menyadari bahwa perubahan iklim dan keberlanjutan adalah isu yang kompleks dan memerlukan tindakan kolektif serta kolaborasi lintas sektor dan disiplin ilmu.

Hingga saat ini, Carbon Addons telah aktif menjalin kemitraan dengan sekolah, universitas, dan organisasi masyarakat guna memperluas jangkauan dan dampak program mereka. Melalui kerja sama dengan UNDP dan Movers Asia Pasifik, mereka telah memulai program Carbon Academy dengan memilih 50 pemuda Indonesia yang berpotensi dari berbagai belahan dunia. Tak berhenti disana, Carbon Addons bahkan berhasil mengembangkan ide bisnis berkelanjutan dan rencana karir hijau.

Dengan kolaborasi semacam ini, Carbon Addons berusaha memperkuat upayanya dan menciptakan jaringan global individu yang berdedikasi untuk mengatasi perubahan iklim dan membangun masa depan berkelanjutan.

Ayo, mari kita dukung inisiatif pendidikan iklim berkelanjutan dengan memilih Carbon Addons dalam ajang Green Skill Award 2023 melalui tautan ini! Pemungutan suara berakhir pada tanggal 29 September 2023.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Diandra Paramitha lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Diandra Paramitha.

Terima kasih telah membaca sampai di sini