Indonesia Bergerak Cepat Sambut Piala Dunia U-17 2023

Indonesia Bergerak Cepat Sambut Piala Dunia U-17 2023
info gambar utama

Indonesia resmi jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Gerak cepat pun dilakukan untuk menyambut ajang sepak bola internasional itu.

Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 lewat keputusan sidang FIFA Council di Markas FIFA, Zurich, Swiss, Jumat (23/6/2023). Awalnya, ajang ini direncanakan digelar di Peru, tetapi ada pergantian tuan rumah di mana Indonesia kemudian terpilih.

Berdasarkan jadwal awal, Piala Dunia U-17 Indonesia akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Jadwal tersebut sejauh ini masih tetap dan tidak berubah meski ada pergantian negara tuan rumah.

Setelah ditunjuk menjadi tuan rumah, Indonesia langsung bergerak cepat demi menyambut Piala Dunia U-17 2023. Gerak cepat ini dilakukan baik dalam hal penyelenggaraan maupun persiapan tim.

Mengenal Piala Dunia U-17, Ajang Sepak Bola Internasional yang Bakal Digelar di Indonesia

Gerak Cepat Indonesia

Dalam hal penyelenggaraan, hal yang langsung dilakukan Indonesia untuk menyambut Piala Dunia U-17 2023 adalah menyiapkan stadion. Urusan ini bisa dibilang sangat penting mengingat ada pula agenda lain selain Piala Dunia U-17 yang juga butuh stadion.

Maklum saja, jadwal Piala Dunia U-17 2023 bentrok dengan Konser Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Kemudian Liga 1 juga punya agenda pertandingan sehingga stadion akan dipakai klub.

Sejauh ini, sudah ada beberapa stadion yang dinyatakan siap digunakan seperti Stadion Manahan Solo dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Hanya saja, saat ini belum ada kepastian perihal stadion di Jakarta yang bakal digunakan.

Ada opsi untuk menggunakan Jakarta International Stadium (JIS). Namun, JIS dinilai masih butuh beberapa pembenahan, seperti akses penonton dan lahan parkir. Instruksi pembenahan JIS bahkan datang langsung dari Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, dari segi persiapan tim, langkah pertama yang dilakukan Indonesia adalah menunjuk pelatih untuk Timnas U-17 Indonesia. Adapun sosok yang terpilih adalah Bima Sakti.

Dengan sudah ditentukannya pelatih, PSSI pun bakal menjalankan rencana berikutnya, yakni menyeleksi pemain. Setelah itu, para pemain terpilih bakal diikutkan dalam agenda pemusatan latihan di luar negeri.

“Pada Juli dan Agustus kita akan seleksi pemain yang pantas masuk tim U-17. Setelah itu akan kita kirim ke luar negeri untuk menjalani pemusatan latihan sekaligus melakukan uji coba dengan negara-negara Eropa, Asia, Afrika, dan lain-lain. Tujuannya agar mereka tidak kaget kalau nanti melawan tim-tim tangguh,” ujar Ketua Umum Erick Thohir seperti dilansir laman resmi PSSI.

FIFA Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Apa Alasannya?


Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini