FIFA Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Apa Alasannya?

FIFA Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Apa Alasannya?
info gambar utama

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada 10 November–2 Desember 2023.

Dilansir dari Sindonews, penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 itu berdasarkan keputusan bersama sidang FIFA Council di Markas FIFA, Zurich, Swiss, Jumat (23/6/2023).

“Dewan juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023, Kolombia sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U20 2024, Dominika sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U17 2024, dan Uzbekistan sebagai tuan rumah Piala Dunia Futsal 2024,” tulis FIFA dalam laman resminya.

Dengan demikian, Indonesia akan menggantikan Peru yang sebelumnya telah dicabut statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 karena masalah infrastruktur.

Jokowi dan Presiden FIFA Bertemu, Hilal Transformasi Sepak Bola Indonesia Semakin Tampak

Alasan FIFA tunjuk Indonesia

Sejauh ini, FIFA belum memberikan penjelasan secara rinci alasan penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 menggantikan Peru.

Namun, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyakini ada beberapa faktor positif yang diperlihatkan Indonesia dalam sepak bola dunia selama tiga bulan terakhir.

Beberapa faktor positif yang dimaksud adalah tersebut perbaikan sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA dan pertandingan FIFA Match Day yang sukses menyita perhatian dunia.

Pihaknya mengaku bersyukur atas berkah penunjukan tuan rumah Piala Dunia-17 tersebut. Lebih lanjut, PSSI saat ini tengah menunggu surat pemberitahuan secara resmi dari FIFA.

Ada Timnas Israel?

Sebanyak 24 tim dikabarkan bakal ikut bertanding untuk menjadi yang terbaik di ajang Piala Dunia U-17 2023. Kali ini, Israel dipastikan bukan salah satu negara peserta Piala Dunia U-17.

Seperti diketahui, Israel tergabung dalam EUFA, sedangkan kelima wakil Eropa yang sudah dipastikan lolos adalah Inggris, Prancis, Jerman, Polandia dan Spanyol. Berikut ini daftar tim lolos Piala Dunia U-17 2023.

  1. Zona AFC (Asia): Indonesia (tuan rumah) dan keempat tim lainnya yang baru akan ditentukan lewat ajang Piala Asia U-17 yang sedang berlangsung 24–25 Juni 2023.
  2. Zona CAF (Afrika): Burkina Faso, Mali, Maroko, Senegal
  3. Zona CONCACAF (Amerika Utara, Amerika Tengah): Kanada, Meksiko, Panama, Amerika Serikat
  4. CONMEBOL (Amerika Selatan): Argentina, Brasil, Ekuador, Venezuela
  5. OFC (Oceania): Kaledonia, Selandia Baru
  6. UEFA (Eropa): Inggris, Prancis, Jerman, Polandia, Spanyol
Dampak Positif Adanya FIFA Matchday Timnas Indonesia Vs Timnas Argentina

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini