Unik dan Khas, Kuliner Bali Terpilih dalam Program Pertukaran Budaya Indonesia-Qatar 2023

Unik dan Khas, Kuliner Bali Terpilih dalam Program Pertukaran Budaya Indonesia-Qatar 2023
info gambar utama

Kuliner Bali terpilih dalam program Pertukaran Budaya Indonesia–Qatar yang akan berlangsung di Qatar Museum. Selain Bali, cita rasa unik nan khas dari kuliner Papua dan Sumatera Utara juga terpilih dalam program tersebut.

Dalam pertukaran budaya tahun ini, Qatar Museum bekerja sama dengan Kementerian pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), serta menunjuk Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI) sebagai mitra.

“Kuliner Bali sudah mendunia, memiliki ciri khas, dan kaya akan rempah-rempah. Sedangkan kuliner di Sumatera Utara merupakan akulturasi antara kuliner Sumatera dengan India, dan kuliner Papua punya ciri khas yakni sagu sebagai makanan pokok,” kata ketua ACMI, Shanti Serad, dilansir dari Antara.

​Kuliner Indonesia dan Lagu Betawi Meriahkan Festival Budaya di Finlandia

Menikmati kuliner dan tradisi

Dua juru masak (Chef) Qatar, yakni Hasan Abdullah Ali Ibrahim dan Noof Al Marri didatangkan untuk menikmati kuliner Bali. Kedua Chef ini juga mencicipi tradisi Megibung (makan dengan tangan) saat menikmati hidangan sate lilit berbahan ikan, ditemani beberapa jenis sayuran Bali dan sayur ares.

Chef Qatar yang telah mencicipi kuliner di 175 kota di dunia itu mengaku sangat senang bisa mencicipi kuliner Bali yang memiliki cita rasa khas.

Sementara itu, puncak Pertukaan Budaya Indonesia–Qatar itu diketahui akan digelar dengan Ubud Food Festival 2023 pada 30 Juni–2 Juli 2023, tepat di Minggu ini. Dalam acara puncak ini, Chef Qatar akan mempromosikan kuliner khas negaranya.

Memajukan budaya, pendidikan, dan ekraf

Program tahunan pertukaran budaya, Years of Culture, bertujuan untuk mengokohkan kerjasama bilateral yang diprakarsai Qatar Museum dalam memajukan kebudayaan, pendidikan, dan ekonomi kreatif.

Indonesia terpilih sebagai negara Asia Tenggara pertama yang menjadi partner kerja sama dalam program pertukaran budaya internasional itersebut. Rangkaian acara akan berlangsung di dua negara dengan mengangkat film, fesyen, kuliner, seni pertunjukan, olahraga, hingga kewirausahaan dan pendidikan.

Dilansir dari Media Indonesia, Tahun Kebudayaan RI-Qatar 2023 mengusung tema ”Bhinneka” yang diambil dari kata Bhinneka Tunggal Ika, tema ini merupakan dasar dari semua kegiatan dan selebrasi budaya antara Indonesia dan Qatar.

Kelezatan Pecel Rawon, Identitas Masyarakat Banyuwangi dari Bidang Kuliner

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini