​Kuliner Indonesia dan Lagu Betawi Meriahkan Festival Budaya di Finlandia

​Kuliner Indonesia dan Lagu Betawi Meriahkan Festival Budaya di Finlandia
info gambar utama

Lebih dari 2.500 pengunjung memadati Lapangan Narinkkatori di Helsinki, Finlandia, untuk mencicipi kuliner Indonesia. Mulai dari, rendang, gulai kapau, dendeng balado, hingga bakso malang. Tak hanya itu, mereka pun turut menari mengikuti irama lagu Betawi.

Kemeriahan tersebut berlangsung dalam acara Indonesian Finland Festival yang digelar pada 10 Juni 2023 lalu. Festival penanda musim panas ini diinisiasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Helsinki untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat Finlandia.

“Orang Indonesia mengenal Finlandia sebagai negara paling bahagia di dunia. Sayang sekali, belum banyak orang Finlandia mengenal Indonesia. Oleh karena itu, dari festival ini kami ingin menampilkan contoh-contoh produk kebudayaan yang khas dari Indonesia," kata Duta Besar RI untuk Finlandia dan Estonia Ratu Silvy Gayatri.

Ada Pabrik Rendang di Bulgaria, Siap Produksi 30 Ton/Bulan ke Seluruh Eropa

Ada pameran kuliner dan kerajinan

Belasan tenda didirikan untuk memamerkan kuliner khas Indonesia. Tak hanya makanan berat, sebagian tenda juga menghidangkan jajanan pasar tradisional, seperti kue cucur, cenil, dan es cendol.

“Semua aspek dari kebudayaan Indonesia sangat mengasyikkan, tapi jujur yang paling berkesan buat saya adalah mencicipi pertama kali bakso malang, saya suka sekali," kata Lassi Savolainen, salah satu pengunjung festival asal Helsinki.

Tak hanya dari Indonesia, pameran juga diikuti oleh warga lokal. Perusahaan furnitur asal Finlandia, Parolan Rottinki, tak ketinggalan menghadirkan contoh produk kursi dan hiasan rumah rancangan mereka, yang dibuat menggunakan rotan asal Indonesia.

Diplomasi kebudayaan di Helsinki juga mendatangkan delegasi asal Kabupaten Sumedang yang menampilkan berbagai olahan kopi nusantara. Lengkap dengan kerajinan tradisional dalam tema Pesona Manikam. Ada permainan congklak dan lukisan wajah juga untuk menghibur anak-anak.

Ada Nasi Padang-Klepon, Makanan Indonesia Laris Manis di Pameran Budaya San Fransisco

Warga lokal ikut memainkan kesenian Indonesia

Selain pameran, musik dan tarian tradisional Indonesia pun turut memeriahkan festival ini. Warga diaspora bersama penduduk Finlandia yang tertarik dengan budaya Indonesia, berkolaborasi menampilkan kesenian Tanah Air. Mereka ikut memainkan musik gamelan, tari saman, tari topeng bali, lengkap dengan busana adat Indopnesia.

Menariknya, festival ini juga diramaikan oleh kontingen seniman binaan Dinas Kebudayan DKI Jakarta, yang sengaja terbang ke Finlandia untuk menampilkan beragam tarian dan lagu kombinasi tradisional-kontemporer.

Penampilan seniman DKI itu disambut meriah oleh pengunjung. Banyak orang bahkan ikut berjoget ria ketika lagu-lagu betawi dimainkan, seperti 'Ondel-Ondel' dan 'Hujan Gerimis'.

Festival ini mencapai puncaknya ketika warga diaspora bersama orang Finlandia tumpah ruah menari mengikuti irama 'Gemu Fa Mi Re'.

“Saya yakin bahwa Finlandia dan Indonesia akan terus memiliki hubungan yang baik di bidang budaya, politik, dan ikatan bisnis untuk masa depan. Acara ini menandakan hubungan yang semakin erat di antara kedua negara," ucap Jari Sinkari, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Republik Finlandia.

Masakan Padang Jadi Menu Favorit di Festival Kuliner Filipina

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini