Tangerang Book Party Berlangsung Meriah di Hutan Kota

Tangerang Book Party Berlangsung Meriah di Hutan Kota
info gambar utama

Tangerang, (Sabtu 20/04/2024), acara Book Party Tangerang berlangsung dengan ramai dan menyenangkan. Kegiatan ini diselenggarakan di Hutan Kota dan banyak dihadiri oleh orang-orang yang gemar membaca buku.

Book Party diadakan setiap seminggu sekali, yaitu ketika weekend antara hari Sabtu atau Minggu berdasarkan hasil voting. Untuk tempatnya berpindah-pindah, tidak hanya di satu tempat saja, tetapi masih daerah Tangerang.

Acara Book Party ini juga tidak hanya di daerah Tangerang. Namun, ada di berbagai daerah seperti Malang, Bogor, Jakarta, Surakarta, Bandung, Yogyakarta, Pekanbaru, Serang, Padang, hingga Palu.

Kegiatan ini tak hanya kegiatan literasi, tetapi meliputi sharing dan aktivitas kreatif. Selain itu, kita juga akan mendapatkan relasi karena yang mengikuti acara ini adalah mereka dengan berbagai kalangan umur. Book Party ini tidak dipungut biaya atau gratis. Kawan GNFI hanya perlu membawa buku yang sedang dibaca, baik buku fisik ataupun e-book, yang penting bukanlah buku bajakan. Peserta juga diperbolehkan untuk membawa cemilan untuk menemani membaca.

Peringati Hari Buku Sedunia, Ini 7 Tips untuk Meningkatkan Minat Baca di Era Digital

Dikutip dari laman CXO Media, kegiatan Book Party ini dicetuskan oleh Samuel Pandianga dan empat temannya yang berinisiatif membentuk kelompok dengan peminatan sama-sama suka membaca pada 22 Oktober 2023 lalu. Dari sini, mengunggah ke media sosial ketika Samuel dan yang lain mencoba membaca buku sembari piknik. Ternyata, kegiatan tersebut mendapat respon antusias dari anak-anak muda.

Book party ini diadakan untuk menjadi tempat orang bisa berkumpul, membaca, dan bercerita dengan aman dan nyaman. Tanpa takut untuk dicela atau dihakimi, komunitas ini sangat positif. Sebab, selain meningkatkan literasi, juga membuat kawan GNFI jadi banyak tahu tentang beberapa buku yang mungkin belum pernah dibaca.

Tempat-tempat yang dipilih untuk mengadakan aktivitas pun adalah taman yang sejuk dan nyaman untuk kita membaca buku, seperti di Hutan Kota ini.

Suasana alami Hutan Kota Tangerang menjadi latar yang sempurna untuk memeriahkan kegiatan literasi melalui acara Tangerang Book Party. Dengan udara segar dan pohon-pohon hijau sebagai saksi, acara ini berhasil menciptakan suasana yang mendukung kreativitas dan kecintaan pada buku.

Kegiatan ini berlangsung di dekat ruang laktasi, yang menghadap ke tempat pemeliharaan hewan. Taman Hutan Kota juga menyediakan tempat untuk beribadah. Jadi, saat kegiatan berlangsung, jika ada yang salat sangat mudah dijangkau, karena berdampingan dengan posisi kegiatan berlangsung.

Review Buku Kosmos, Mengenal Alam Semesta Lewat Penemuan dan Fakta

“Alhamdullilah, minggu ini lebih banyak yang datang dibandingkan dengan minggu lalu,” ujar salah satu pengurus.

Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu membaca. Setelah itu, komunitas akan dibagi beberapa kelompok untuk membagikan hasil dari apa yang telah dibaca. Selanjutnya, diadakan sesi foto bersama dan after party, yaitu kegiatan seru-seruan berupa hiburan. Adapun kegiatan after party minggu ini yaitu nonton bersama.

“After party ini kegiatan sosial yang berkaitan dengan literasi dan hiburan untuk lebih kenal intens secara satu sama lain,” tambah pengurus lainnya.

Secara keseluruhan, Tangerang Book Party di Hutan Kota merupakan keberhasilan yang menyatukan para pecinta buku dalam perayaan sukacita terhadap literasi. Ini tidak hanya mempromosikan cerita, tetapi juga memperlihatkan Tangerang sebagai pusat yang berkembang pesat dari keragaman literasi dan budaya.

Sumber:

https://www.cxomedia.id/human-stories/20240301143856-74-180041/perkenalan-dengan-indonesia-book-party

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

EA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini