Satu-satunya Produsen di Dunia, Cuma Indonesia yang Membuat Pesawat Terbang Ini

Satu-satunya Produsen di Dunia, Cuma Indonesia yang Membuat Pesawat Terbang Ini
info gambar utama

Ternyata ada pesawat terbang yang hanya diproduksi oleh Indonesia. Tak ada negara lain yang memproduksinya.

Indonesia memang merupakan salah satu negara produsen pesawat terbang. Indonesia punya PT Dirgantara Indonesia (DI) sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan pesawat.

Ada berbagai produk yang yang telah dibuat PT DI. Salah satunya adalah pesawat terbang NC212i. Boleh dibilang, ini adalah produk spesial dari PT DI.

Satelit SATRIA-1 Sudah Meluncur, Inilah Kegunaannya

Tentang Pesawat NC212i

NC212i adalah pesawat yang didesain untuk militer dan bisa difungsikan untuk berbagai misi. Pesawat ini bisa digunakan untuk mengangkut pasukan, patroli dan pengintaian udara, juga evakuasi. Oleh karena itu, NC212i juga punya kemampuan lepas landas dan mendarat dari landasan pacu yang pendek dan tak beraspal.

Panjang NC212i adalah sekitar 18 meter, tinggi 7 meter, dan lebar sayap 20 meter, dan tinggi 7 meter. Dengan kapasitas hingga 28 penumpang, pesawat ini bisa menanggung bobot maksimum hingga 80 ton.

Soal tenaga, NC212i dibekali mesin turboprop Pratt & Whitney Canada PT6A-65B. Kekuatan yang dihasilkan mencapai 1.100 tenaga kuda yang membuat pesawat bisa melaju dengan kecepatan maksimum sekitar 346 km/jam.

Sebagai pesawat militer, NC212i punya sejumlah fitur pendukung. Sebut saja radar dan sistem navigasi canggih, juga senjata yang dapat dipasang sesuai kebutuhan operasi.

Sangar, Indonesia Punya Harimau yang Jago Bertempur di Medan Perang

Hanya Diproduksi oleh Indonesia

Ada fakta unik dari NC212i. Ternyata, pesawat ini hanya diproduksi oleh Indonesia.

Laman indonesia.go.id mencatat bahwa PT DI saat ini menjadi satu-satunya industri manufaktur pesawat yang memprodiksi NC212i. Sejak 2014, tak produsen dari negara manapun yang memproduksi pesawat satu ini selain PT DI.

Hingga pertengahan 2023, diketahui PT DI sudah memproduksi 122 unit pesawat NC212i. Pesawat ini pun bisa dibilang laris dipesan oleh negara tetangga.

Pada Mei lalu misalnya, PT DI mengirim satu unit pesawat NC212i ke Thailand. Pesawat tersebut dipesan oleh Department of Royal Rainmaking and Agricultural Aviation (DRRAA) Thailand.

Kerennya lagi, pesawat NC212i ternyata bisa dimodifikasi oleh pemesannya. Meski dibuat dengan konfigurasi Troop Transport dengan kegunaan mengangkut pasukan, DRRAA Thailand mengubahnya menjadi konfigurasi Rain Making untuk memodifikasi cuaca.

Selain Thailand, Filipina juga menjadi pembeli pesawat NC212i buatan PT DI. Pada Mei lalu, Departemen Pertahanan Nasional Filipina meneken kontrak pengadaan enam unit pesawat NC212i beserta suku cadangnya kepada PT DI.



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini