Sangar, Indonesia Punya Harimau yang Jago Bertempur di Medan Perang

Sangar, Indonesia Punya Harimau yang Jago Bertempur di Medan Perang
info gambar utama

Indonesia punya harimau. Bukan sembarang harimau, tapi harimau yang satu ini jago bertempur di medan perang.

Meski namanya harimau, namun harimau ini bukan hewan buas yang hidup di hutan. Harimau yang dimaksud adalah kendaraan tempur berupa tank yang diproduksi Indonesia.

Ya, nama tank-nya memang Tank Harimau. Seperti harimau yang ganas, Tank Harimau pun sungguh garang dan bertenaga saat dipakai bertempur. Ini karena teknologi dan fitur-fiturnya sungguh mumpuni.

Dukung Misi Perdamaian Dunia, TNI Terima Hibah 15 Rantis Bushmaster dari Australia

Mengenal Tank Harimau

Tank Harimau adalah tank kelas medium yang dibuat oleh anak bangsa. Adalah PT Pindad, perusahaan milik negara yang bergerak di bidang produksi peralatan pertahanan yang memproduksinya lewat kerja sama dengan FNSS Turki.

Laman Indonesia.go.id mencatat bahwa sebagai tank kelas medium, Tank Harimau punya bobot yang tergolong ringan, yakni 30 ton. Rancangannya pun dibuat sedemikian rupa untuk membuat tank ini bisa dioperasikan di medan tropis, seperti hutan dan pesisir pantai, yang tentunya membuat Tank Harimau cocok digunakan di wilayah Indonesia.

Untuk mengoperasikan Tank Harimau, dibutuhkan tenaga tiga orang. Dua orang diharuskan berada di dalam turret sebagai komandan dan juru tembak, sementara satu orang lagi bertindak sebagai pengemudi. Dengan demikian, tank dapat digunakan untuk melepaskan tembakan sambil bergerak.

Senjata yang dimiliki Tank Harimau tentu saja canggih. Tank ini punya two-man turret berkaliber 105 mm, plus senapan mesin berkaliber 7,62 mm. Di samping senjata, ada pula teknologi canggih lain yang juga sangat bermanfaat di medan tempur. Misalnya, ada sistem kewaspadaan mandiri, sistem alarm yang bisa memberi peringatan saat terdeteksi musuh, sistem pemburu musuh, hingga perlindungan khusus terhadap serangan musuh.

Inilah Seluk Beluk Mirage 2000-5 yang Akan Segera Perkuat TNI AU

Dipakai TNI

Sebagai kendaraan tempur buatan dalam dalam negeri, sudah tentu TNI tak ketinggalan menggunakan Tank Harimau. Pada tahun 2023 ini, TNI pun menjadikan Tank Harimau sebagai bagian dari sistem persenjataannya.

TNI akan menggunakan 18 unit Tank Harimau. Keterangan resmi Kementerian Pertahanan RI pada 25 Mei 2023 yang dikutip laman Indonesia.go.id menyebut bahwa 10 unit tank telah diproduksi di Turki, sementara 8 unit lainnya diproduksi di Indonesia.

Tak perlu heran apabila ternyata tak semua Tank Harimau diproduksi di Indonesia. Sebab, ini juga adalah bagian dari kerja sama PT Pindad dengan FNSS Turki.

Sebelumnya, Pesiden Joko Widodo telah menginstruksikan agar industri pertahanan Indonesia menjalin kerja sama dengan negara lain. Tank Harimau inilah salah satu karya yang lahir dari kerja sama itu.

Pesawat NC212i Buatan PT Dirgantara Indonesia, Digunakan TNI Hingga Diekspor Ke Pasar Internasional



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini