Indonesia Dorong GNB Bersatu Memajukan Kepentingan Negara Berkembang

Indonesia Dorong GNB Bersatu Memajukan Kepentingan Negara Berkembang
info gambar utama

Indonesia mendorong Gerakan Non-Blok (GNB) untuk memperkuat persatuan dan kerja sama dalam memajukan kepentingan negara berkembang. Sebagai salah satu pendiri GNB, Indonesia siap berperan aktif untuk mewujudkan tatanan global yang lebih adil.

Dalam Pertemuan Tingkat Menteri GNB di Baku, Azerbaijan, pada 5–6 Juli 2023, Indonesia juga menekankan pentingnya memperkuat semangat Dasasila Bandung sebagai landasan dan pedoman GNB, terlebih di tengah rivalitas geopolitik dunia saat ini.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral, Duta Besar Tri Hidayat mengatakan bahwa GNB yang lahir dari perjuangan menentang penjajahan harus terus konsisten dalam mendorong perdamaian, keadilan, kesetaraan dan kolaborasi.

Peran strategis Indonesia

Sebagai anggota Komite GNB untuk Palestina, Indonesia menekankan pentingnya momentum peringatan 75 tahun Nakba dan perhatian bagi situasi kemanusiaan di Palestina yang kian memburuk.

Oleh karena itu, Dirjen Tri Hidayat menegaskan, negara-negara yang tergabung GNB harus dapat bersatu dan melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina.

Dengan kapasitas sebagai Ketua ASEAN, Indoensia juga mendorong GNB untuk terus mengedepankan Dasasila Bandung, serta dialog dan kerja sama internasional dalam menghadapi berbagai tantangan global.

Indonesia Dorong Negara Non-Blok Percepat Pemulihan Ketenagakerjaan Global

Bahas sejumlah isu

Pertemuan Tingkat Menteri GNB itu juga membahas isu-isu lain terkait pembangunan, hak asasi manusia, perubahan iklim, pemulihan pasca COVID-19, serta berbagai perkembangan proses politik dan perdamaian di kawasan hingga global, termasuk keprihatinan atas fenomena Islamofobia.

Pertemuan yang mengangkat tema “NAM: United and Steadfast in Confronting Emerging Challenges” itu berhasil mengesahkan Final Document, Baku Ministerial Declaration serta beberapa dokumen lainnya. Sejumlah rekomendasi positif pun dihasilkan atas permohonan bergabungnya Sudan Selatan sebagai anggota baru GNB.

Setelah menjadi tuan rumah pertemuan tersebut, Azerbaijan diketahui akan melakukan serahterima keketuaan GNB kepada Uganda pada Konferensi Tingkat Tinggi GNB di Kampala, Uganda, pada akhir Januari 2024.

Pemaparan Indonesia dalam KTT Gerakan Non-Blok Terkait Tantangan Pembangunan Global

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini