Inilah 7 Alasan Kenapa Jurusan Akuntansi Banyak Diminati oleh Pelajar maupun Mahasiswa!

Inilah 7 Alasan Kenapa Jurusan Akuntansi Banyak Diminati oleh Pelajar maupun Mahasiswa!
info gambar utama

Akuntansi merupakan suatu proses pencatatan, pengolahan, pengklasifikasian, pelaporan dan penggolongan suatu data keuangan yang dapat berupa bukti pengeluaran atau pemasukan suatu perusahaan dengan menganalisis atau membuat laporan keuangan untuk mengetahui aliran kas yang masuk dan keluar.

Akuntansi merupakan salah satu jurusan pendidikan dengan peminat yang sangat banyak, bahkan hampir setiap kampus memiliki jurusan akuntansi sebagai salah satu prodinya. Kira-kira kenapa ya, akuntansi menjadi jurusan yang paling banyak peminatnya? Yuk, langsung scroll ke bawah untuk tahu alasannya!

Gara-gara McDonald's, Warga Amerika Iri Sama Indonesia

1. Selagi di Dunia Masih Ada Uang, Maka Akuntansi Juga Akan Ada

Uang menjadi salah satu benda yang paling diperlukan oleh manusia, karena uang sebagai alat pembayaran yang sah dari segala jenis transaksi yang ada di kehidupan. Catatan berisikan pengeluaran maupun pendapatan yang biasa ditulis di buku, serta hitung-menghitung uang juga termasuk akuntansi, jadi selama uang masih ada di dunia, maka akuntansi juga masih akan ada dan diperlukan.

2. Salah Satu Jurusan yang Dapat Ditemui Lebih Dulu di SMA dan SMK

Dari TK bahkan sampai lulus dari SMP, kita juga belajar matematika, ilmu akuntansi paling mendasar yang berkaitan dengan hitung-menghitung. Saat di SMA pun, mata pelajaran akuntansi diajarkan di jurusan IPS, sedangkan di SMK, akuntansi merupakan salah satu bidang kejuruan, sehingga ilmu akuntansi harus dipelajari secara mendalam selama 3 tahun.

3. Tiket untuk Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi

Akuntansi sebagai salah satu tiket untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA maupun SMK. Karena pada saat sekolah menengah sudah mempelajari ilmu yang berkaitan dengan akuntansi, maka akan semakin mudah untuk mendaftar kuliah dengan jurusan yang sama. Materi soal ujian masuk kuliah biasanya materi yang sudah dipelajari pada saat berada di SMA jurusan IPS maupun SMK jurusan akuntansi.

4. Cocok untuk yang Suka dengan Hitung-hitungan

Kita sering sekali menemukan orang yang sangat menyukai pelajaran matematika, karena dalam pelajaran matematika terdapat hitung-menghitung. Biasanya orang yang memiliki kesukaan terhadap hitung - menghitung sangat cocok berada dalam dunia akuntansi. Selain itu juga, dengan adanya hitung-menghitung akan membuat diri menjadi lebih sabar, lebih teliti dan dapat bertanggung jawab.

Hari Kesadaran Hiu, Jadikan Momentum untuk Selamatkan Si Penjaga Ekosistem Laut

5. Cabang dari Ilmu Akuntansi yang Banyak

Akuntansi itu banyak sekali memiliki cabang ilmu. Cabang ilmu akuntansi bisa lebih dari 10 cabang, seperti contohnya ada akuntansi pemeriksaan dengan tujuan untuk memeriksa kelayakan suatu perusahaan dengan audit yang dilakukan oleh auditor. Selain itu juga ada akuntansi perpajakan, akuntansi pemerintahan, akuntansi manajemen, dan masih banyak lagi.

6. Prospek Kerja yang Luas dan Beragam

Dengan adanya cabang ilmu akuntansi yang banyak, maka prospek pekerjaan untuk lulusan akuntansi juga sangat banyak. Selain bisa mendaftar sebagai PNS, lulusan akuntansi juga dapat bekerja menjadi seorang dosen atau guru, bekerja disalah satu Bank, menjadi seorang auditor, konsultan pajak, bagian keuangan, atau bagian lembaga pemerintah lainnya.

7. Bisa bekerja di perusahaan atau Membangun Bisnis Sendiri

Selain bekerja di perusahaan, lulusan akuntansi juga bisa membuat bisnis sendiri. Mulai dari usaha kecil-kecilan yang dilakukan dengan ilmu akuntansi yang sudah dipelajari sebelumnya. Selain itu juga dengan adanya bisnis yang dibangun sendiri, maka akan memungkingkan untukmembuka lapangan kerja baru untuk orang lain.

Nah, setelah baca ulasan di atas, Kawan GNFI jadi tau mengapa jurusan akuntansi banyak peminatnya, bukan? Semoga bermanfaat, ya!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini