Khasiat Manggis untuk Kesehatan Kulit, Antioksidan dan Cegah Penuaan

Khasiat Manggis untuk Kesehatan Kulit, Antioksidan dan Cegah Penuaan
info gambar utama

Tahukah kawan bahwa dalam buah tropis bernama manggis tersimpan berbagai manfaat yang berharga untuk menunjang kesehatan tubuh? Berbicara tentang manggis, buah ini memiliki nama ilmiah Garcinia mangostana, termasuk klasifikasi famili Clusiaceae, dan memiliki buah yang berwarna ungu saat matang. Manggis merupakan jenis pohon hijau dari daerah tropis dengan tinggi sekitar 7-25 meter, yang diperkirakan berasal dari Semenanjung Malaya.

Buah manggis secara komersial disebut sebagai "ratu buah", berlawanan dengan durian, "raja buah". Buah ini memiliki efek anti inflamasi dan antioksidan. Oleh karena itu, manggis dianggap sebagai buah dengan kandungan antioksidan tertinggi di dunia. Manggis berkerabat dengan kokam, gula batu asem, dan asam geluguri, rempah-rempah dari tradisi kuliner India dan Sumatera.

Tanaman manggis adalah pohon tropis yang tumbuh di suhu yang hangat dan stabil. Namun demikian, perkembangan inovasi dan teknologi menjadikan manggis diupayakan berkembang di tempat bersuhu beragam seperti di Florida Selatan.

Baca juga: RI Tegaskan Asia Tenggara Bebas Nuklir, Desak Negara Barat Teken Perjanjian

Manggis merupakan apomiksis obligat yaitu bijinya tidak berasal dari pembuahan dan keragaman genetiknya kemungkinan rendah. Oleh karena itu, diyakini hanya ada satu klon manggis di alam yang memiliki sifat yang sama dengan induknya. Realitas di lapangan menunjukkan keragaman tanaman manggis, bisa karena faktor lingkungan atau faktor genetik akibat mutasi alami menurut sejarah tanaman manggis milenial. Buah manggis mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Manggis

Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah manggis:

  • Air: 83-83,0 gram.
  • Energi: 63-143 kalori.
  • Protein: 0,6-1 gram.
  • Lemak: 0,6-1 gram.
  • Karbohidrat: 15,6-35 gram.
  • Serat: 1,5-3,5 gram.
  • Abu: 0,2 gram.
  • Vitamin B2 : 0,03 mg.
  • Vitamin C :5 mg
  • Folat
  • Magnesium
  • Kalsium : 8 mg
  • Xanthones

Tahukah kawan bahwa xanthones merupakan senyawa bioaktif dalam tanaman yang memiliki sifat antioksidan. Manggis mengandung xanthones, sejenis gartanin. Kandungan nutrisi dalam buah manggis dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi serta meningkatkan kesehatan tubuh.

Manggis Foto: Pixabay/horjctu
info gambar

Manfaat Manggis untuk Kesehatan Kulit

Antioksidan

Kulit manggis mengandung senyawa antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa antioksidan ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Anti Inflamasi

Kulit manggis juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Senyawa anti-inflamasi ini dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti kemerahan, iritasi, dan jerawat.

Xanthone

Kulit manggis mengandung senyawa xanthone yang dapat membantu meningkatkan memori dan kognisi. Senyawa xanthone ini juga dapat membantu mencegah kerusakan sel pada kulit dan menjaga kesehatan kulit.

Serat

Kulit manggis mengandung serat yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu memperlancar aktivitas pencernaan dan membantu proses detoksifikasi.

Anti mikroba

Kulit manggis memiliki sifat anti mikroba yang dapat membantu mengatasi gangguan kulit seperti gatal-gatal dan eksim. Senyawa anti mikroba ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Olahan kulit manggis dapat dioleskan langsung pada kulit untuk mengatasi gangguan kulit seperti gatal-gatal dan eksim.

Baca juga: Batal Jadi Tuan Rumah Sejumlah Kompetisi, Inilah Upaya untuk Menjaga Citra Indonesia

Selain manfaat di atas, buah manggis juga dipercaya berkhasiat untuk beberapa hal antara lain: mengurangi potensi kerusakan kulit dari paparan sina ultraviolet (UV), meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, melembapkan kulit, dan menncegah penuaan dini.

Olahan dari Buah Manggis

Dessert Manggis Foto; Pixabay/gadgetstou
info gambar

Buah manggis akan berkhasiat bila dikonsumsi dengan baik dan benar. Sebab buah manggis termasuk dalam kategori bahan alami, maka hasil daripada khasiat buah ini dirasakan secara bertahap (tidak instan). Dengan demikian, diperlukan konsistensi dalam konsumsinya. Untuk konsumsi secara rutin, lebih baik diawali dengan konsultasi terhadap pihak yang memahami (seperti dokter, praktisi, dan pakar lain yang berkaitan) untuk menjaga keamanan konsumsi manggis. Nah, Buah manggis dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, antara lain:

Buah Segar

Buah manggis segar dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus.

Ekstrak Buah Manggis

Ekstrak buah manggis dapat ditemukan dalam bentuk kapsul atau tablet, yang dapat dikonsumsi sebagai suplemen.

Teh Manggis

Teh manggis dapat dibuat dengan merebus kulit buah manggis dan air, kemudian disaring dan diminum.

Masker Wajah

Buah manggis juga dapat diolah menjadi masker wajah, yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Dessert Manggis

Olahan buah manggis yang menggugah salah satunya adalah dessert manggis, Kawan.

Referensi :

  • Yatman, E. (2012). KULIT BUAH MANGGIS MENGANDUNG XANTON YANG BERKHASIAT TINGGI. https://media.neliti.com/media/publications/218735-kulit-buah-manggis-mengandung-xanton-yan.pdf
  • Wahidin. 2022.” Khasiat Buah Manggis untuk Kesehatan”, https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/919/khasiat-buah-manggis-untuk-kesehatan, diakses pada 14 juni 2023 pukul 20.35 WIB.
  • Bella Airindya. 2022. " Ketahui 5 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan ", https://www.alodokter.com/manfaat-buah-manggis-untuk-kesehatan-yang-sayang-dilewatkan. diakses pada 14 juni 2023 pukul 21.15 WIB.
  • Fadli Rizal. 2022. “ Kandungan Nutrisi dalam Manggis untuk Kesehatan
  • “ https://www.halodoc.com/artikel/kandungan-nutrisi-dalam-manggis-untuk-kesehatan, diakses pada 14 juni 2023 pukul 21.57 WIB.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini