Deretan Fakta Menarik Piala Dunia Bola Basket, Ajang yang Digelar di Indonesia Tahun Ini

Deretan Fakta Menarik Piala Dunia Bola Basket, Ajang yang Digelar di Indonesia Tahun Ini
info gambar utama

Inilah deretan fakta menarik Piala Dunia Bola Basket yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2023 ini.

Pada tahun 2023, Indonesia akan kembali menyelenggarakan ajang olahraga bergengsi, yaitu Piala Dunia Bola Basket. Indonesia bersama dengan Jepang dan Filipina memiliki kehormatan menjadi tuan rumah dari turnamen yang akan digelar mulai tanggal 25 September hingga 10 Agustus mendatang.

Piala Dunia Bola Basket 2023 menjadi ajang yang paling dinanti-nantikan oleh para pecinta bola basket. Turnamen ini akan menampilkan aksi-aksi spektakuler dari para tim terbaik di kancah bola basket dunia.

Lalu, apa saja fakta menarik Piala Dunia Bola Basket? Ini dia:

Sejarah Piala Dunia Bola Basket

Piala Dunia Bola Basket bermula saat ide untuk menggelar ajang tersebut dibahas dalam pertemuan Kongres Dunia FIBA di Olimpiade Musim Panas 1948 di London. Ide tersebut diajukan oleh Sekretaris Jenderal FIBA saat itu, Renato William Jones, yang mendorong FIBA agar mengadopsi sebuah turnamen tingkat dunia yang mirip dengan Piala Dunia sepak bola yang diselenggarakan oleh FIFA.

Keinginan untuk menggelar Piala Dunia Bola Basket juga didorong oleh suksesnya turnamen di Olimpiade tahun 1948 yang diikuti oleh 23 tim. Dengan antusiasme yang sedemikian tinggi, Kongres FIBA pada akhirnya setuju dan akhirnya Piala Dunia Bola Basket pertama dijadwalkan digelar pada tahun 1950.

Negara yang menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket adalah Argentina. Saat itu, Argentina dipilih utamanya karena mereka adalah yang negara yang paling menunjukkan keinginan dan kesiapan yang tinggi dalam menggelar turnamen ini.

Piala Dunia Bola Basket tahun 1950 menandai dimulainya era baru dalam olahraga bola basket dengan hadirnya kejuaraan tingkat dunia yang diakui secara internasional dan diadakan secara teratur. Piala Dunia Bola Basket kemudian menjadi ajang penting bagi tim nasional dari seluruh dunia untuk bersaing dan memamerkan kemampuan terbaik mereka.

Tiga Kali Digelar di Asia

Sejak kali pertama pada 1950, Piala Dunia Bola Basket sejauh ini telah digelar sebanyak 16 kali, dan pada tahun 2023 akan menjadi edisi ke-17. Dalam sejarah penyelenggaraan ajang tersebut, Asia tercatat telah menjadi tuan rumah sebanyak tiga kali. Pada tahun 1978, Filipina menjadi tuan rumah pertama di Asia. Kemudian, pada tahun 2006, giliran Jepang untuk menyelenggarakan turnamen tersebut. Tahun 2019 giliran China yang menjadi tuan rumah.

Memasuki era 2000-an, Asia semakin sering tampil sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Basket. Terbukti, tahun 2023 akan menjadi kali keempat Piala Dunia Bola Basket digelar di Asia dengan tuan rumah bersama antara Indonesia, Jepang, dan Filipina. Tak hanya itu, Asia juga telah ditunjuk sebagai tuan rumah untuk Piala Dunia Bola Basket tahun 2027 di mana Qatar akan menjadi negara timur tengah yang menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya.

Benua Amerika adalah yang paling sering menjadi tuan rumah. Di sana, Piala Dunia Bola Basket sudah digelar sebanyak 10 kali. Sementara Eropa sudah lima kali. Di sisi lain, benua Afrika dan Oseania belum pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket. Namun, bukan tak mungkin akan ada kesempatan bagi negara-negara di sana untuk menjadi tuan rumah di masa depan.

Filipina Pernah Meraih Medali

Piala Dunia Bola Basket telah melahirkan sejumlah momen penting dan prestasi cemerlang bagi tim nasional dari seluruh dunia. Dalam sejarah turnamen ini, Amerika Serikat dan Yugoslavia telah mengukir dominasi mereka dengan menjadi negara peraih meraih medali emas terbanyak.

Amerika Serikat dan Yugoslavia sama-sama berhasil meraih medali emas sebanyak lima kali di Piala Dunia Bola Basket. Selain keduanya, ada pula beberapa negara lain yang juga mampu mengukir prestasi dengan meraih medali emas. Uni Soviet misalnya, berhasil memenangkan medali emas sebanyak tiga kali. Lalu ada Brasil dan Spanyol yang telah meraih medali emas dua kali.

Sementara itu, di antara negara-negara Asia, Filipina adalah satu-satunya yang pernah meraih medali di Piala Dunia Bola Basket. Filipina berhasil memenangkan medali perunggu pada tahun 1954 yang mana ini tentunya menjadi momen bersejarah bagi negara tetangga Indonesia itu.

Indonesia Belum Pernah Ikut Serta

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Filipina telah menorehkan prestasi yang ciamik dalam sejarah Piala Dunia Bola Basket, tidak hanya dengan meraih medali. Selain dalam hal medali, prestasi Filipina juga ditunjukkan dengan keikutsertaan mereka yang bisa dibilang sering di turnamen ini. Filipina tercatat telah tampil sebanyak tujuh kali di Piala Dunia Bola Basket.

Tidak hanya Filipina, tetapi juga ada negara Asia Tenggara lainnya yang telah mencatatkan keikutsertaan mereka di Piala Dunia Bola Basket. Malaysia juga pernah satu kali ikut serta dalam turnamen ini pada tahun 1986.

Sementara itu, Indonesia belum pernah sekalipun tampil di Piala Dunia Bola Basket. Dengan demikian, Indonesia bakal menorehkan sejarah dengan beraksi untuk yang pertama kalinya saat menjadi tuan rumah pada tahun 2023 ini.

Sementara itu jika melihat keikutsertaan negara-negara Asia secara keseluruhan, Korea Selatan (Korsel) adalah negara yang paling sering tampil dalam Piala Dunia Bola Basket. Korsel telah berpartisipasi sebanyak delapan kali sepanjang sejarah turnamen ini. Namun, perlu dicatat bahwa Korea Selatan tidak akan ikut serta dalam Piala Dunia Bola Basket tahun 2023.

Pertama Kali dengan Tuan Rumah Ganda

Tahun 2023 menjadi momen bersejarah bagi dunia bola basket karena Piala Dunia Bola Basket. Untuk pertama kalinya, turnamen prestisius ini akan diselenggarakan dengan sistem tuan rumah ganda.

Sebelumnya, tuan rumah Piala Dunia Bola Basket selalu diberikan kepada satu negara. Namun, baru pada tahun ini negara tuan rumah ada lebih dari satu.

Sebelum tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023 ditentukan. Terdapat kandidat lain yang maju dalam pencalonan menjadi tuan rumah selain Indonesia-Jepang-Filipina, yaitu Argentina-Uruguay, Rusia, dan Turki. FIBA lalu menetapkan Indonesia-Jepang-Filipina menjadi tuan rumah,

Indonesia Bangun Venue Baru

Indonesia menyiapkan lokasi pertandingan untuk Piala Dunia Bola Basket 2023. Namanya Indoor Multifunction Stadium (IMS) atau juga kerap disebut Indonesia Arena. Letaknya berada di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Untuk diketahui, venue ini adalah bangunan baru yang memang dibangun dan disiapkan untuk Piala Dunia Bola Basket 2023. Pembangunannya saat ini sudah rampung dan akan bisa dipakai pada Agustus nanti.

Dengan lahan seluas 31.826 m2 dan bangunan seluas 50.398 m2, Indonsia Arena punya fasilitas berkelas dunia. Sebanyak 16 ribu penonton pun bisa ditampung di sana.

Setelah Piala Dunia Bola Basket 2023 rampung, Indonesia Arena tidak hanya bisa digunakan untuk pertandingan basket, namun juga olahraga lain. Acara nonolahraga seperti konser dan pameran pun juga bisa digelar di sana.

Bersama Indra Sjafri, Sepak Bola Indonesia 'Panaskan Mesin' untuk Asian Games 2022

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini