Meski Tanpa Medali, Perjuangan Indonesia di Piala AFF Putri U-19 2023 Tetap Tak Sia-sia

Meski Tanpa Medali, Perjuangan Indonesia di Piala AFF Putri U-19 2023 Tetap Tak Sia-sia
info gambar utama

Piala AFF Putri U-19 2023 telah berakhir dan Timnas Putri U-19 Indonesia tak meraih medali. Namun, tetap ada buah manis yang didapat.

Piala AFF Putri U-19 2023 telah rampung digelar di Palembang, Sumatera Selatan pada 5 hingga 15 Juli lalu. Sebagai tuan rumah, Timnas Putri U-19 Indonesia mengakhiri ajang ini di posisi keempat.

Dengan demikian, Indonesia harus rela tidak mendapatkan medali di ajang ini. Sementara itu, Thailand keluar sebagai juara dan Vietnam menjadi runner-up. Partai final Piala AFF Putri U-19 2023 sendiri berakhir dengan kemenangan 2-1 bagi Thailand.

Indonesia harus puas di peringkat empat setelah kalah dari Myanmar dalam laga perebutan peringkat ketiga. Bermain di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sabtu (15/7), Indonesia kalah lewat drama adu penalti setelah kedua tim mencatatkan skor 1-1 selama waktu normal.

"Pertama-tama kami mohon maaf, tidak bisa menjadi juara ketiga. Tapi saya mengapresiasi para pemain yang sudah bermain sepenuh hati, bertanggung jawab dan maksimal," ujar pelatih Timnas Putri U-19 Indonesia Rudy Eka Priyambada seperti dilansir laman resmi PSSI.

Rudy mengatakan jika hasil ini tetap patut disyukuri. Inilah hasil dari upaya maksimal yang telah dilakukan tim.

"Karena dengan persiapan yang tidak lama dan masa jeda satu hari kemarin, saya kira kita sudah melakukan yang terbaik untuk pertandingan hari ini," katanya.

Panjat Tebing Indonesia Cemerlang, Medali Berhasil Diborong dari Piala Dunia di Prancis

Tidak Sia-sia

Indonesia memang tidak mendapat medali. Namun, boleh dibilang perjuangan Pasukan Garuda di Piala AFF Putri U-19 2023 tak sia-sia.

Indonesia tetap mampu menorehkan catatan positif, setidaknya pada babak penyisihan grup di mana Indonesia mampu menang telak atas lawan-lawannya. Tercatat, Indonesia mengalahkan Timor Leste 7-0, Laos 4-1, dan Kamboja 5-0. Setelah lolos dari penyisihan grup, barulah Indonesia menelan kekalahan dari Thailand dan Myanmar.

Di samping itu, ada penghargaan individu yang diraih oleh pemain Indonesia. Adalah Claudia Scheunemann yang meraih titel pencetak gol terbanyak dan pemain terbaik.

Claudia memang tampil luar biasa sejak awal Piala AFF Putri U-19 2023. Sebagai seorang pemain berposisi striker. Claudia mampu hadir sebagai momok bagi lini pertahanan lawan sekaligus mesin gol bagi Indonesia.

Total, Claudia mencetak 5 gol sepanjang turnamen. Keponakan dari pelatih kenamaan asal Jawa Timur Timo Scheunemann itu menjadi pencetal gol terbanyak bersama pemain Vietnam, Ngoc Minh Chuyen.

Geliat RANS di Dunia Sportainment: Bukan Sekedar Konten Olahraga Selebritis

Referensi

  • https://www.pssi.org/news/pencapaian-tertinggi-indonesia-di-aff-u-19-women-s-championship-2023



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini