Panjat Tebing Indonesia Cemerlang, Medali Berhasil Diborong dari Piala Dunia di Prancis

Panjat Tebing Indonesia Cemerlang, Medali Berhasil Diborong dari Piala Dunia di Prancis
info gambar utama

Olahraga panjat tebing kembali menorehkan prestasi untuk Indonesia. Kali ini, medali diborong dari Piala Dunia.

Indonesia ambil bagian dalam ajang Piala Dunia Panjat Tebing bertajuk 2023 IFSC Climbing World Cup. Terbaru, Indonesia mengikuti seri lanjutan di Chamonix, Prancis, pada 7-9 Juli lalu.

Hasilnya sungguh cemerlang. Indonesia berhasil memborong medali dari sana. Total, ada 4 medali yang berhasil didapat di mana seluruhnya berasal dari nomor speed. Keempat medali tersebut terdiri dari masing-masing 2 emas dan perunggu.

Seri lanjutan di Chamonix mempertandingkan nomor lead dan speed. Dalam nomor speed di mana Indonesia memang kerap jadi unggulan, medali emas disumbangkan oleh atlet dengan catafan waktu tercepat, Rahmad Adi Mulyono dari speed putra dan Rajiah Salsabillah dari speed putri. Rahmad mencatatkan waktu 5,01 detik sementara Rajiah mencatatkan waktu 6,97 detik.

Sementara itu, medali perunggu disumbangkan Nursamsa Raharjati dari speed putra dan Nurul Iqamah dari speed putri. Keduanya sama-sama finis di posisi ketiga sehingga berhak atas perunggu.

Hasil ini adalah buah dari perjuangan para atlet yang sudah giat berlatih selama masa persiapan. Mereka bahkan ternyata sudah mempersiapkan diri sejak 3 tahun yang lalu sebelum berlaga di Chamonix.

“Persiapan untuk kejuaraan ini sudah dimulai tiga tahun yang lalu. Selama latihan antar para atlet juga saling bersaing, tentu dengan persaingan yang sehat,” ujar Pelatih Pelatnas Tim Nasional Panjat Tebing Indonesia, Hendra Basir, seperti dikutip dari laman resmi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Sabtu (15/7).

Bukan di seri Chamonix saja Indonesia mampu meraih medali Piala Dunia Panjat Tebing tahun ini. Sebelumnya, atlet Indonesia juga menyabet medali di seri Seoul, Jakarta, dan Salt Lake City.

Bersama Indra Sjafri, Sepak Bola Indonesia 'Panaskan Mesin' untuk Asian Games 2022

Tuai Apresiasi

Pencapaian apik atlet panjat tebing Indonesia menuai apresiasi dan optimisme. Ketua Umum FPTI Yenny Wahid yakin panjat tebing Indonesia nantinya bisa berprestasi di level yang lebih tinggi.

“Ini memberikan harapan besar bagi kita dalam cabang olahraga Panjat Tebing di Olimpiade Paris, dan semoga dapat menyumbangkan medali untuk Indonesia,” ujar Yenny.

Oleh karena itu, Yenny juga berharap masyarakat bisa terus mendukung atlet-atlet panjat tebing Indonesia agar tren positif ini tidak berhenti begitu saja.

“Kami berharap dukungan terus mengalir dari masyarakat Indonesia untuk menjaga konsistensi dan melanjutkan prestasi ini. Puncaknya akan terjadi di Olimpiade Paris,” kata Yenny.

Batal Jadi Tuan Rumah Sejumlah Kompetisi, Inilah Upaya untuk Menjaga Citra Indonesia

Sumber:

  • https://www.fpti.or.id/press-release/indonesia-sukses-bawa-pulang-4-medali-di-seri-lanjutan-piala-dunia-panjat-tebing-ifsc-climbing-world-cup-2023/



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini