4 Daerah Sekitar Danau Toba Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Jetski Terbesar di Dunia

4 Daerah Sekitar Danau Toba Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Jetski Terbesar di Dunia
info gambar utama

Indonesia resmi menjadi tuan rumah UIM-ABP World Aquabike Championship 2023. Kejuaraan jetski ini digelar dalam rangka mengembangkan potensi Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) asal Sumatra Utara.

Empat kabupaten di Sumut telah lolos inspeksi UIM (Union Internationale Motonautique) pada April lalu dan dinyatakan layak menjadi tuan rumah untuk dua kategori. Pertama, endurance atau ketahanan, akan digelar di tiga lokasi berbeda: Karo, Dairi, dan Samosir, pada 22—24 November.

Seluruh event endurance akan diadakan di sirkuit tertutup sepanjang tiga kilometer dengan batas waktu maksimal satu jam. Kompetisi diawali dengan Karo Grand Prix di pantai utara Danau Toba pada 22 November. Pemenang ditentukan melalui dua balapan masing-masing 35 menit yang dimulai pukul 11.30 dan 14.00 WIB.

Hari kedua (23 November), pembalap akan memperebutkan Dairi Grandpix di lokasi antara Pangururan dan Silalahi. Sementara itu, Samosir Grand Prix diadakan pada 24 November. Piala Dairi akan ditentukan dalam dua balapan 35 menit, mulai pukul 11.30 dan 14.00 WIB, sedangkan dua balapan Piala Samosir dimulai pukul 13.30 dan 15.30 WIB.

Setelah kompetisi ketahanan selesai, panitia akan menggelar putaran final Aquabike World Championship di Balige (pantai selatan Danau Toba) pada 25—26 November 2023.

F1 Powerboat Danau Toba 2023, Sukses Pikat Wisatawan Mancanegara

Beri dampak ekonomi luar biasa

Nota kesepahaman telah ditandatangani oleh CEO H2O Racing Management Ltd, Raimondo di San Germano, dan Doni Oskaria, Presiden Direktur Injourney (holding BUMN parisiwata), dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengembangan 5 DPSP di Pelataran Borobudur, Jawa Tengah, 21 Juli 2023.

“Pemilihan empat kabupaten besar sebagai tempat penyelenggaraan balap merupakan salah satu cara untuk mendongkrak pariwisata di kawasan Danau Toba. Ini akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi masyarakat sekitar,” kata Doni Oskaria, dalam keterangan resmi Aquabike, Jumat (21/7/2023).

Berdasarkan pengalaman pada Februari lalu, InJourney sukses menggelar Grand Prix Kopiko F1H2O dan berhasil menimbulkan dampak ekonomi nasional secara signifikan dengan perkiraan pendapatan sebesar 20 juta dolar AS atau Rp300 miliar.

RI Bakal Gelar KTT AIS Forum 2023, Ajang Kolaborasi Negara Pulau-Kepulauan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini