Perbedaan antara Jenderal, Laksamana dan Marksekal di TNI

Perbedaan antara Jenderal, Laksamana dan Marksekal di TNI
info gambar utama

Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki tugas utama, yaitu melindungi dan mempertahankan keamanan bangsa dan negara di garda terdepan. TNI memiliki tuiga matra, TNI Angkatan Darat (TNI AD), TNI Angkatan Laut (TNI AL), dan TNI Angkatan Udara (TNI AU) dengan jenjang kepangkatan di setiap satuannya.

Di masing-masing matra TNI, ada beberapa jumlah seperti TNI AD memiliki 8 taraf kepangkatan, TNI AL memiliki 7 taraf kepangkatan, TNI AU memiliki 8 taraf kepangkatan dari Jenderal hingga Tamtama. Untuk taraf kepangkatan tertinggi itu setara dengan Jenderal TNI. Namun, penamaan dari ketiga matra TNI saja yang membedakannya.

Perbedaan antara Jenderal, Laksamana dan Marsekal di TNI

Pangkat Jenderal di TNI AD

Pangkat Jenderal di TNI AD merupakan pangkat tertinggi yang bisa didapatkan oleh seorang perwira tinggi di militer Indonesia. Perwira Tinggi di TNI AD sendiri memili empat kepangkatan yaitu Jenderal, Letnan Jenderal, Mayor Jenderal, dan Brigadir Jenderal. Di TNI AD juga terdapat Pangkat Kehormatan yang dikenal dengan Jenderal Besar yang mempunyai lambang lima bintang emas.

Pangkat Jenderal berada satu tingkat di atas Letnan Jenderal dengan bintang empat.

Pangkat Jenderal TNI ADPakaian
Pakaian dinas upacara
(PDU)
Pakaian dinas harian (PDH)Pakaian dinas lapangan
(PDL)
Komando
Staf

Pangkat Laksamana di TNI AL

TNI Angkatan Laut (TNI AL) memiliki pangkat tertinggi di militer Angkatan Laut Indonesia. Laksamana sendiri setara dengan pangkat Jenderal di TNI AD yang memiliki lima kepangkatan yaitu Laksamana Besar (bintang 5), Laksamana (bintang 4), Laksamana Madya (bintang 3), Laksamana Muda (bintang 2) dan Laksamana Pertama (bintang 1).

Perwira Tinggi TNI AL yang menyandang pangkat Laksama memiliki tanda pangkat dengan empat bintang di bahu.

Karoshi, Budaya Gila Kerja di Jepang
Pangkat Laksamana TNI ALPakaian
Pakaian dinas upacara
(PDU)
Pakaian dinas harian (PDH)Pakaian dinas lapangan
(PDL)
Lengan baju
(Khusus Black Navy)
Komando
Staf

Pangkat Marsekal di TNI AU

Pangkat Marsekal merupakan jabatan perwira tertinggi di TNI Angkatan udara (TNI AU). Marsekal sama dengan pangkat Jenderal di TNI AD dan Marsekal di TNI AL. Di TNI AU sendiri untuk Perwira Tinggi memiliki lima tingkat kepangkatan, yaitu Marsekal Besar (bintang 5), Marsekal (bintang 4), Marsekal Madya (bintang 3), Marsekal Muda (bintang 2), Marsekal Pertama (bintang 1).

Perwira Tinggi TNI AU yang menyandang pangkat Marsekal memiliki tanda pangkat dengan empat bintang di bahu.

Pangkat Marsekal TNI AUPakaian
Pakaian dinas upacara
(PDU)
Pakaian dinas harian (PDH)Pakaian dinas lapangan
(PDL)
Komando
Staf

Membedakan Kepangkatan dari Tanda di Bahu

Tanda kepangkatan yang ada di TNI AD, TNI AL, dan TNI AU dari pangkat Perwira Tinggi hingga Tamtama akan dibedakan dengan tanda garis merah di pinggir atau di tengah untuk yang memegang amanah komando dan staff biasa yang tidak ada tanda garis merahnya.

Tanda kepangkatan ini juga disesuaikan dengan pakaian yang dikenakan oleh para anggota TNI seperti Pakaian Dinas Upacara (PDU), Pakaian Dinas Harian (PDH), maupun Pakaian Dinas Lapangan (PDL).

Semoga Kawan tidak lagi tertukar dengan penyebutan, lambang, dan tanda kepangkatan yang digunakan oleh para Anggota TNI yang sedang bertugas, ya. Jangan sampai tertukar maupun keliru dalam penyebutannya juga, loh. Karena kepangkatan ini menjadi penting untuk para anggota TNI yang memilikinya.

Menelusuri Lanskap Limbah Elektronik di Asia Tenggara

Referensi:
https://nasional.tempo.co/read/1476515/urutan-pangkat-tni-komplit-dari-kopral-hingga-jenderal
https://id.wikipedia.org/wiki/Jenderal_(Indonesia)
https://id.wikipedia.org/wiki/Laksamana_(Indonesia)
https://id.wikipedia.org/wiki/Marsekal_(Indonesia)
https://id.wikipedia.org/wiki/Tanda_Kepangkatan_Tentara_Nasional_Indonesia_Angkatan_Udara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

NA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini