The Hallway Space: Menjelajahi Ruang Kreatif Multifungsi di Jantung Kota Bandung

The Hallway Space: Menjelajahi Ruang Kreatif Multifungsi di Jantung Kota Bandung
info gambar utama

Berbicara tentang kota Bandung, kota yang dikenal dengan sejuta kreativitasnya, menjadi rumah bagi berbagai komunitas. Di tengah dinamika perkembangan kota ini, muncul tempat yang menarik perhatian banyak orang. Kawan GNFI penasaran, tempat apa itu?

The Hallway Space. Ruang kreatif multifungsi ini telah berhasil mencuri perhatian dan sumber inspirasi bagi semua orang, terutama kalangan anak muda di kota Bandung.

The Hallway Space, berlokasi di lantai 2 Pasar Kosambi, Kebon Pisang, Sumurbandung, Kota Bandung. Dengan memanfaatkan lahan kosong Pasar Kosambi, sejumlah anak muda Bandung mengubahnya menjadi ruang kreatif multifungsi.

Tempatnya yang berada di pasar, The Hallway Space berupaya menjadikan pasar tidak cuma menjadi tempat belanja tapi juga tempat nongkrong untuk semua kalangan.

Baca juga: Gedung Rumentang Siang, Tempat Berkumpulnya Para Seniman Kota Bandung

Jika Kawan GNFI hendak pergi ke sana, mungkin Kawan perlu bertanya ke warga setempat karena disana tidak ada papan petunjuk lokasi. Dari ujung area parkir pasar kosambi, Kawan bisa langsung ke naik ke tangga, lalu akan menemukan tembok gerbang masuk, bertuliskan 'The Hallway Space' menjadi penanda kehidupan di area itu.

Kawan, akan disambut dengan jejeran toko yang masing-masing hadir dengan produk yang berbeda. Mulai dari toko sepatu, makanan, distro pakaian, dan toko kreatif lainnya.

Pengelola juga menempatkan bangku dan meja panjang pada koridor Hallway untuk ngobrol atau menikmati makanan dan minuman disana.

Awal Mula Berdirinya The Hallway Space Bandung

Plank bertulisakan The Hallway | sumber foto bandung.go.id
info gambar

Mengutip dari Pikiranrakyat.com, munculnya The Hallway berawal dari keresahan Rilly Robby dan kawan-kawan, yang melihat lahan terbengkalai pada salah satu area pasar di Kosambi.

Sebelumnya bangunan yang ada di The Hallway ini sudah terbengkalai sejak puluhan tahun. Lalu pada tahun 2018, project The Hallway mulai direncanakan untuk menjadi area kreatif multifungsi di Bandung. Namun, pada pertengahan 2019 Pasar Kosambi mengalami kebakaran.

Hal ini, menjadi kendala untuk mengajak tenant untuk bergabung dalam project. Lantaran, lokasi yang berada pada tempat bekas kebaran membuat ragu pengunjung.

Pada Oktober 2020 ruang kreatif ini diresmikan dan menjadi wadah kreatif bagi anak-anak muda untuk menumbuh kembangkan industri kreatif di Kota Bandung. Rilly juga berhasil meyakinkan kalau ruang kreatif ini bisa menjadi komuniti besar di Bandung.

Baca juga: Lewat Prawira Bandung, Kejayaan Kota Kembang di Bola Basket Indonesia Akhirnya Kembali

Tidak Hanya Sekedar Tempat Nongkrong

Sekumpulan anak muda sedang nonkrong di The Hallway | Sumber foto: Bandung.go.id
info gambar

The Hallway Space bukan hanya sekedar tempat nongkrong, tempat ini berhasil menciptakan komunitas kreatif yang bersemangat. Banyak kegiatan positif telah dilaksanakan di tempat multifungsi ini.

Berbagai acara rutin diselenggarakan, seperti talkshow, diskusi, pameran karya, dan pertunjukan musik. Melalui acara ini para pengunjung memiliki kesempatan untuk bertemu dan bertukar ide dengan profesional dan pelaku industri kreatif yang berbeda.

Selain itu, The Hallway juga secara tidak langsung turut berperan dalam pemberdayaan usaha-usaha yang ada di Pasar Kosambi.

The Hallway juga memberikan dampak yang signifikan pada komunitas kreatif di kota ini. Dengan menyediakan suasana yang unik dan inspiratif, berhasil menjadi magnet bagi para pelaku industri kreatif.

Banyak dari pelaku usaha kreatif di kota Bandung menemukan tempat ini sebagai tempat yang ideal untuk bekerja dan berkembang. Acara-acara yang di selenggarakan disini juga telah membantu memperkuat jaringan komunitas kreatif di Bandung.

Baca juga: Mari Mengenal Basreng: Camilan Khas Bandung yang Menggugah Selera!

The Hallway Space Bandung, menjadi bukti nyata betapa pentingnya ruang kreatif multifungsi dalam mendorong inovasi dan kreativitas di kalangan anak muda.

Dengan tempat yang unik, fasilitas yang lengkap, serta beragam acara yang menarik, dan bermanfaat, tempat ini telah berhasil menciptakan lingkungan yang menginspirasi dan mendukung pertumbuhan kreatif.

Keberadaan The Hallway diharapakn memberikan dorongan bagi perkembangan industri kreatif di kota ini, serta menginspirasi lebih banyak lagi ruang kreatif serupa untuk muncul di berbagai daerah.

Sumber referensi:

  • https://www.bandung.go.id/news/read/6009/hallway-ruang-kolektif-yang-jadi-ikon-baru-industri-kreatif
  • https://www.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-016916729/the-hallway-space-pasar-tradisional-yang-disulap-menjadi-tempat-nongkrong-kekinian

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini