Lewat Prawira Bandung, Kejayaan Kota Kembang di Bola Basket Indonesia Akhirnya Kembali

Lewat Prawira Bandung, Kejayaan Kota Kembang di Bola Basket Indonesia Akhirnya Kembali
info gambar utama

Pecinta bola basket di Bandung patut gembira. Prawira Bandung berhasil menjadi juara Indonesia Basketball League (IBL) 2023.

Mengusung nama tim Prawira Harum Bandung di IBL 2023 ini, klub asal Kota Kembang itu memastikan gelar juara setelah memenangi gim kedua Final IBL 2023, Sabtu (22/7/2023) malam. Bermain di hadapan publiknya yang memadati GOR C-TRA Arena, Prawira Bandung mengalahkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta dengan skor 63-58.

Jarred Shaw tampil sebagai bintang dalam laga tersebut. Pemain Prawira Bandung itu mencatatkan 27 poin dan 20 rebound.

Pada gim pertama, Prawira Bandung juga mampu memetik kemenangan atas Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Bermain di Hall Basket Senayan, Jakarta pada Kamis (20/7/2023), mereka menang dengan skor 74-65.

Bagi pecinta bola basket di Kota Bandung, ini adalah hasil yang luar biasa. Tak sekadar juara, keberhasilan Bandung Prawira sekaligus menandai kembalinya kejayaan Kota Kembang di kancah bola basket Indonesia.

Deretan Fakta Menarik Piala Dunia Bola Basket, Ajang yang Digelar di Indonesia Tahun Ini

Di Tengah Dominasi Jakarta

Selama ini, bola basket Indonesia boleh dibilang sangat didominasi oleh Jakarta. Sejak IBL digulirkan 20 tahun yang lalu sampai sempat berganti nama menjadi NBL, klub asal Jakarta hampir selalu keluar sebagai juara.

Tercatat, dalam kurun waktu 1993 hingga 2022, klub-klub Jakarta seperti Aspac, Satria Muda, dan Pelita Jaya saling bergantian menjadi juara. Hanya pada 2016 tim juara berasal dari luar Jakarta, yakni CLS Knights Surabaya.

Bandung sebenarnya bukannya sama sekali tak punya klub yang berprestasi. Sebelum era IBL, ada Hadtex Bandung yang menjadi juara kompetisi Kobatama pada 1998. Setahun sebelumnya, klub tersebut juga juara dengan mengusung nama Panasia Indosyntec.

Untuk diketahui, Panasia Indosyntec dan Hadtex Bandung adalah Prawira Bandung saat ini. Klub satu ini memang sudah berkali-kali berganti nama sejak didirikan pada 1991 dengan nama Hadtex Indosyntec.

Di era Kobatama, situasinya bisa dibilang mirip dengan IBL saat ini di mana klub Jakarta begitu mendominasi. Aspac dan Satria Muda pun pernah merasakan beberapa kali juara di sana.

Setelah penantian selama 25 tahun, Prawira Bandung berhasil mengembalikan kejayaan kotanya. Apalagi, pemain mereka yakni Reza Guntara juga mendapatkan gelar Most Valuable Player Final IBL Tokopedia 2023.

"Saya dedikasikan semua piala ini untuk kota Bandung. Terima kasih semuanya." kata Reza seperti diwartakan laman resmi IBL.

Panjat Tebing Indonesia Cemerlang, Medali Berhasil Diborong dari Piala Dunia di Prancis

Referensi:

  • https://iblindonesia.com/news/reza-guntara-raih-gelar-mvp-finals-ibl-tokopedia-2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini