Berkat Pesawat Terbesar Dunia, Kunjungan Wisman di Indonesia Meroket Jadi 1 Juta

Berkat Pesawat Terbesar Dunia, Kunjungan Wisman di Indonesia Meroket Jadi 1 Juta
info gambar utama

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) meroket hingga 1,06 juta pada Juni 2023. Lonjakan ini diperoleh berkat kehadiran Airbus A380, pesawat penumpang terbesar dunia dari Uni Emirat Arab, yang membuka penerbangan ke Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini menerangkan, angka tersebut meningkat 12,39 persen secara bulanan (month to month/mtm) dan melesat 119,64 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Total kunjungan wisman bulan Juni, kata Pudji, menjadi capaian tertinggi sejak Februari 2020 yang hanya 885,07 ribu.

"Angka (kunjungan wisman Juni 2023) tertinggi sejak pandemi Covid-19 atau Februari 2020," tutur Pudji kepada awak media di Jakarta, Selasa (1/8/2023).

Emirates Buka Layanan Airbus A380 untuk Penerbangan ke Bali

Dia mengatakan, pesawat super jumbo ini memiliki kapasitas lebih besar dari pesawat penumpang lainnya, sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisman melalui pintu Bandara Ngurah Rai.

Maskapai Emirates pertama kali mendaratkan pesawat Airbus A380 ke Bali pada Kamis (1/6/2023). Penerbangan ini menorehkan sejarah sebagai layanan A380 berjadwal pertama ke Tanah Air dengan rute Dubai-Bali.

Pesawat ini digadang-gadang sebagai yang terbesar di dunia karena mampu menampung 850 penumpang dalam satu kali penerbangan.

Sementara itu, sejumlah maskapai juga turut berkontribusi dalam lonjakan kunjungan wisman karena peningkatan jumlah penerbangan rute internasional. Garuda Indonesia, misalnya, menambah jumlah penerbangan ke Hong Kong, Korea Selatan, dan Thailand.

"Kemudian, Air Asia resmi meluncurkan rute Perth empat kali sepekan," imbuh Pudji.

Di samping itu, momen hari raya Waisak juga turut mendongkrak jumlah kunjungan wisman ke Tanah Air. Menurut Pudji, momen liburan tersebut meningkatkan jumlah kunjungan turis, terutama yang berasal dari Singapura dengan 174.400 kunjungan (16,4 persen). Lalu, disusul Malaysia dengan 168.800 kunjungan dan Australia 132.500 kunjungan.

"Peningkatan wisman yang cukup tinggi dari Singapura di semua pintu provinsi Kepulauan Riau, seperti Batam, Tanjung Pinang, Karimun, dan Tanjung Uban," pungkasnya.

Boyong 2 Pesawat Airbus, Pelita Air Siap Ramaikan Maskapai Penerbangan Reguler RI

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini