Barbiellion, Ketika Film Barbie Resmi Raih Keuntungan Hingga USD 1 Miliar

Barbiellion, Ketika Film Barbie Resmi Raih Keuntungan Hingga USD 1 Miliar
info gambar utama

Film Barbie yang rilis pada 19 Juli lalu telah menimbulkan fenomena tersendiri di industri perfilman global. Sejak isu perilisan filmnya muncul, seluruh dunia sudah mengantisipasi kedatangannya. Di Indonesia sendiri, marketing film Barbie sudah mulai bekerja mendekati hari pertama penayangannya di bioskop seluruh negeri.

Misalnya saja pintu di halte bundaran HI yang disulap menjadi warna merah muda lengkap dengan logo Barbie. Kampanye masif tersebut terbukti cukup efektif. Film Barbie dinyatakan sukses besar dengan keuntungan mencapai USD 1 miliar hanya dalam waktu 17 hari setelah rilis secara global.

Fenomena Barbillion

Melansir dari BBC, film yang diproduksi oleh Warner Bros tersebut telah menembus angka USD 1 miliar–tepatnya 459,4 miliar datang dari bioskop dalam negeri dan 572,1 dari bioskop dari luar negeri. Pernyataan yang rilis pada hari Minggu (6/8) tersebut tentu membawa angin segar bagi para pelaku industri perfilman.

Jeff Goldstein selaku presiden distribusi domestik di Amerika Serikat mengatakan bahwa antrian panjang film Barbie, serta banyaknya penonton yang menonton film tersebut lebih dari sekali menunjukkan bahwa geliat industri film sudah kembali, sejak sempat redup karena diguncang pandemi.

Fenomena ini pun akhirnya Warner Bros sebut sebagai Barbillion. Selain Barbie, hanya ada lima film yang berhasil menembus USD 1 miliar sejak pandemi terjadi, yakni The Super Mario Brothers, Spider-Man: No Way Home, Top Gun: Maverick, Jurassic World Dominion, dan sekuel film Avatar.

Film Barbie, dari Perempuan untuk Perempuan

Secara keseluruhan, film Barbie live action ini sendiri mengisahkan tentang perjalanan Barbie (diperankan oleh Margot Robbie) dan Ken (diperankan oleh Ryan Gosling) dalam memerangi krisis jati diri. Film ini sesuai untuk Kawan yang sedang berada dalam perjalanan untuk menemukan diri sendiri, atau istilah kerennya, self-discovery.

Menariknya, banyak orang merasa bahwa Barbie merupakan film yang dipersembahkan dari perempuan untuk perempuan. Sang sutradara, Greta Gerwig, sebelumnya telah memproduksi film-film “untuk perempuan” lainnya seperti Lady Bird dan Little Women. Dengan adanya pencapaian Barbillion, Gerwig secara resmi menjadi sutradara solo perempuan pertama yang film arahannya meraih USD 1 miliar. Keren banget, kan?

Dalam pernyataannya, Goldstein juga memuji Gerwig sebagai sosok yang mengubah seluruh dunia menjadi merah muda. “Tiada yang lain kecuali Greta Gerwig yang mampu membawa ikon lintas generasi ini (baca: Barbie) dan dunianya menjadi suatu jalan cerita yang menyenangkan, emosional, sekaligus menghibur. Benar-benar mengubah seluruh dunia menjadi merah muda!”, ungkapnya dilansir dari BBC.

Baca juga: Ini Dia Wanita yang Pertama Kali Rancang Batik untuk Barbie!

Kritik untuk Film Barbie

Meski meraih banyak pujian, film ini juga meraih beberapa kritik dari para penikmat film. Beberapa mengatakan Barbie terlalu mengedepankan narasi anti laki-laki yang sebelumnya banyak beredar di media sosial. Beberapa juga mengeluhkan jalan cerita yang kurang mendalam, di samping memang terbukti lucu dan menghibur.

Namun, di samping itu semua, Barbillion membuktikan bahwa film ini jauh dari kata gagal. Film yang rilis bersamaan dengan Oppenheimer karya Christopher Nolan tersebut terbukti berani diadu. Selain jalan cerita dan skill akting para aktornya, Kawan pun bisa banyak belajar dari strategi pemasaran Barbie yang tentunya berkontribusi besar terhadap kesuksesan film tersebut.

Baca juga: Wakili Indonesia, Butet Manurung Terpilih Jadi Barbie Role Model

Seperti kata Goldstein, seluruh dunia menjadi merah muda setelah Barbie meluncur. Tren ini juga pastinya sempat Kawan rasakan ketika menonton Barbie di bioskop, terlebih ketika banyak orang sengaja mengenakan pakaian serba merah muda. Fenomena budaya pop ini pastinya akan terkenang bagi generasi kita. Selamat untuk Barbie dengan Barbillion-nya!

Sumber referensi:

  • https://www.bbc.com/news/business-66424359
  • https://www.bbc.com/news/entertainment-arts-66242100
  • https://www.businesswire.com/news/home/20230806603377/en/Warner-Bros.-Pictures%E2%80%99-%E2%80%9CBarbie%E2%80%9D-and-Director-Greta-Gerwig-Make-History-Together-as-the-Box-Office-Sensation-Passes-a-Billion-Dollars-Worldwide

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini