​Gurihnya Tempe Disulap Jadi Es Kopi Susu di Filipina

​Gurihnya Tempe Disulap Jadi Es Kopi Susu di Filipina
info gambar utama

Indonesia sukses menggelar Festival tempe dalam memeriahkan ASEAN Food Festival (AFF) 2023 di SM Mall of Asia, Bay City, Pasay, Filipina, Minggu (6/8/2023). Acara ini digagas oleh KBRI Manila berkolaborasi dengan Yayasan Duta Indonesia Maju.

Dengan mengusung tema “Tempe Goes to Philippines for the World”, festival itu diadakan untuk mempromosikan kepada warga Filipina bahwa tempe merupakan bahan makanan sehat bergizi dari Indonesia yang dapat diolah menjadi berbagai hidangan.

Menariknya, dalam acara itu, dua juru masak hebat membuat sebuah inovasi yang belum pernah ada sebelumnya. Mereka mengolah tempe menjadi es kopi susu.

Keduanya adalah Chef Yudhi Harijono dan Chef Eek Kie yang secara eksklusif mendemonstrasikan pengolahan tempe menjadi minuman dengan nama Ice tempe Coffee Latte. Menu tersebut resmi diluncurkan pada momen itu dan digadang-gadang menjadi yang pertama di dunia.

Demonstrasi “menyulap” tempe menjadi es kopi susu, menarik perhatian banyak pengunjung karena mereka umumnya mengenal tempe sebagai makanan, bukan minuman.

Sejarah Tempe, Makanan Asli Indonesia yang Mendunia

Di samping itu, stan KBRI Manila juga menyuguhkan berbagai macam makanan olahan tempe lengkap dengan sambal khas Indonesia. Mulai dari tempe orek, tempe goreng, tempe balado, tempe keripik, tempe retort bawang, bolognese tempe, hingga rendang tempe.

Uniknya, keripik tempe disajikan bersama dengan bermacam varian sambal khas Indonesia. Olahan tempe yang banyak itu dibagikan kepada para pengunjung festival secara gratis.

Tak hanya makanan, KBRI Manila juga mendirikan stan Kriya dan Batik kebanggaan Tanah Air. Souvenir khas Indonesia dan busana batik yang ikonik mengundang pengunjung untuk melihat dan mencobanya.

Pengunjung tampak semakin memadati stan Batik usai pertunjukkan Fashion Show oleh para model dengan kebaya formal dan kasual. Mereka tampil begitu memukau di panggung utama AFF. Kemeriahan panggung budaya Indonesia ditutup dengan performa Tari Keser Bojong nan energik.

Peringati 400 Tahun, Ini Peran Tempe Mendoan yang Direkam oleh Google Doodle

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini