Elon Musk Bakal Investasi Baterai Lithium di Indonesia, Negosiasi Rampung September 2023

Elon Musk Bakal Investasi Baterai Lithium di Indonesia, Negosiasi Rampung September 2023
info gambar utama

Pendiri Tesla Inc dan SpaceX, Elon Musk dikabarkan setuju untuk investasi di sektor produksi baterai lithium. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan usai bertemu dengan Musk.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Rabu (16/8), pertemuan antara Menteri Luhut dan Elon Musk itu berlangsung selama dua setengah jam. Keduanya berdiskusi membahas mengenai perkembangan ekonomi Indonesia, serta kondisi terkini Tesla.

Dalam kesempatan yang sama, Elon Musk juga menandatangani finalisasi kerja sama untuk pengadaan akses internet oleh Starlink di wilayah Timur Indonesia sebelum akhirnya sepakat untuk investasi di pabrik baterai lithium.

Rampung pada September 2023

Menteri Luhut mengatakan kemungkinan kerja sama pembuatan material baterai lithium tersebut bisa ditandatangani di Jakarta setelah proses negosiasi diselesaikan pada September 2023. Sejauh ini pihaknya belum dapat mengestimasikan nilai investasi yang akan disalurkan Musk melalui perusahaannya ke Indonesia.

Di tengah penundaan sejumlah realisasi investasi yang dilakukan Tesla, perusahaan ini dikabarkan tetap menyatakan komitmennya untuk tetap menjadikan Indonesia sebagai prioritas investasi.

Berdasarkan perkembangan terakhir, Musk menjelaskan dalam pertemuan itu bahwa perusahaannya sedang menunda realisasi sejumlah investasi selama 1,5 tahun ke depan di seluruh dunia. Ini dilakukan mengingat ketidakpastian perekonomian serta ketegangan akibat geopolitik global.

Industri Mamin RI Jadi Primadona Investor Asing, Ini Penyebabnya!

Diincar investor asing

Selain Elon Musk, tak sedikit investor asing lainnya yang juga tertarik berinvestasi di Indonesia. Deputi Bidang Kerjasama Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM, Riyatno mengungkapkan ada beberapa alasan sehingga Indonesia menjadi magnet bagi para investor asing.

Daya tarik itu salah satunya adalah stabilitas politik, hukum, dan kebijakan yang menjadi salah satu faktor penting bagi investor untuk berinvestasi. Daya tarik lainnya adalah Indonesia yang memiliki populasi terbesar di ASEAN dan keempat di dunia.

“Ini tentunya merupakan salah satu daya tarik mengapa investor asing mau berinvestasi ke suatu negara salah satunya ke Indonesia, karena memang populasi kita besar, pasar kita besar. Kita menempati 43 persen dari penduduk ASEAN,” jelasnya, dilansir dari Liputan6.com, Rabu (16/8).

Realisasi Investasi Kuartal II-2023 Tembus Rp349 T karena RI Punya 5 Kekuatan Ini

Referensi:

CNBC Indonesia. Elon Musk Setuju untuk Investasi Pabrik Baterai Lithium di RI. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230815135838-4-463114/elon-musk-setuju-untuk-investasi-pabrik-baterai-lithium-di-ri

Liputan6.com. Elon Musk ke Jakarta September 2023, Teken Investasi Baterai Lithium. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5371370/elon-musk-ke-jakarta-september-2023-teken-investasi-baterai-lithium

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini