Mengenal 10 Patung Tertinggi di Indonesia

Mengenal 10 Patung Tertinggi di Indonesia
info gambar utama

Di dalam dunia seni, patung atau monumen merupakan sebuah karya seni berbentuk 3 dimensi yang dibuat oleh seniman sebagai sebuah ikon. Patung juga dapat menjadi penanda di sebuah kawasan ruang publik sebagai bentuk mengenang peritiwa atau sejarah yang terjadi maupun untuk mengenang sosok yang dianggap berjasa.

Ada banyak patung di berbagai negara yang terkenal dan memiliki banyak cerita untuk mengenang sejarahnya. Patung Libery di Amerika, Brazil dengan patung Christ the Redeemer, patung Buddha Agung di Thailand dan masih banyak lagi.

Patung-patung tersebut memiliki cerita yang menarik dan bersejarah di dalamnya. Sehingga pantas untuk dibuatkan monumennya di negara tersebut.

Tak hanya itu, Indonesia pun memiliki berbagai patung yang memiliki nilai sejarah serta tertinggi yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Tak hanya tinggi, tetapi juga menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk datang ke monumen tersebut.

Berikut ini 10 patung tertinggi yang ada di Indonesia.

Garuda Wisnu Kencana (GWK) - Bali

Patung tertinggi pertama yang ada di Indonesia terletak di pulau Dewata, Bali. Yup, untuk kawan yang sudah pernah menginjakkan kaki di pulau Bali pasti tidak akan melewatkan untuk berlibur ke garuda Wisnu Kencana (GW) di kabupaten Badung, Bali ini.

Patung dengan tinggi 121 meter dengan sayap selebar 64 meter karya dari seniman Nyoman Nuarta ini tak hanya menjadi monumen tertinggi juga menjadi salah satu ikon dari pariwisata Bali.

Patung ini menjadi simbol perwujudan dari sosok Dewa Wisnu yang sedang mengendarai burung Garuda yang ditunjukkan dengan posisinya dan sayap garudanya.

Proses pembuatan patung ini memakan waktu kurang lebih 28 tahunan.

Patung Garuda Wisnu Kencana Bali
Patung GWK Bali. Foto: Tripcetera

Monumen Selamat Datang - Jakarta

Untuk Kawan yang sering melintasi wilayah Sudirman - Thamrin di Jakarta, pasti tidak asing dengan patung yang berdiri gagah di antara Bundaran Hotel Indonesia (Bundaran HI). Monumen Selamat Datang dibangun pada 1962, gagasan presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno sebagai bentuk untuk menyambut para tamu dari berbagai negara yang datang ke Jakarta pada saat itu menjadi tuan rumah Asian Games IV.

Monumen ini menggambarkan sepasang manusia sedang menggenggam bunga dan melambaikan tangan yang menghadap ke utara untuk menyambut para tamu yang datang dari komplek olahraga Gelora Bung Karno, Senayan untuk menginap di Hotel Indonesia. Monumen ini memiliki tinggi kaki patung 10 meter.

Monumen Selamat Datang - POROS - Pameran Seni Rupa Koleksi Nasional #3 - GNIMonumen Selamat Datang. Foto: GNFI

Patung Pancoran - Jakarta

Patung Pancoran atau dahulu dikenal dengan nama resmi Patung Dirgantara ini berada di wilayah Pancoran, Jakarta Selatan. Patung yang dibuat pada 1964 oleh Edhi Sunarso ini memiliki tinggi 27 meter dan terbuat dari perunggu dengan berat 11 ton. Pembuatan patung ini awalnya diinisiasi oleh presiden Soekarno untuk membuat sebuah patung untuk dunia penerbangan Indonesia atau kedirgantaraan dengan menggambarkan semangat serta keberanian bangsa Indonesia untuk menjelajah angkasa.

Patung ini berada di kawasan yang cukup strategis bagi Kawan yang baru pertama kali datang ke Jakarta. Tidak sulit untuk menemukannya karena berada di dekat Bandar Udara Halim Perdanakusuma dan di antara jalan tol dalam kota Jakarta.

Monumen Jalesveva Jayamahe - Surabaya

Monumen Jalesveva Jayamahe adalah patung berikutnya yang menjadi patung tertinggi di Indonesia. Patung ini terletak di Surabaya, Jawa Timur. Monumen yang memiliki tinggi 60,6 meter ini menggambarkan sosok anggota TNI Angkatan Laut yang berdiri dengan gagah serta menggunakan atribut dan seragam yang lengkap.

Monumen ini dibangun oleh Nyoman Nuarta pada tahun 1993.

Monjaya (Monumen Jalesveva Jayamahe) - TribunnewsWiki.com
Monumen Jalesveva Jayamahe. Foto: Tribunnews

Patung Yesus Memberkati

Tak hanya ada di Brazil, patung Yesus juga ada di Indonesia loh. Patung Yesus Memberkati ini ada di Manado, Sulawesi Utara dengan tinggiyang mencapai 50 meter. Patung ini dibangun dengan ketinggian kemiringan 20 derajat ini menggambarkan sosok Yesus yang memberkati warga dan kota tersebut.

Jika kawan ingin mengunjungi patung ini, kawan harus mempersiapkan tenaga karena akan melewati 200 anak tangga dengan 14 pemberhentian untuk mencapai titik dari patung tersebut. Selain di Manado, patung Yesus Memberkati juga ada di Tana Toraja, Sulawesi Tengah.

Monumen Yesus Memberkati, Bukan Sekadar Karya Seni yang Indah - Indonesia Kaya
Patung Yesus Memberkati. Foto: Indonesia Kaya

Patung Buddha Tidur - Mojokerto

Patung Buddha memang identik dengan Thailand. Tapi, tahukah kawan bahwa di Indonesia pun ada patung Buddha tidur yang ada di Mojokerto, Jawa Timur?

Patung ini menjadi salah satu patung yang cukup ikonik loh. Patung ini berada di komplek Vihara Mojopahit dan digagas oleh seorang biksu sekaligus pengrajin patung dari Trowulan bernama YM Viryanadi Mahathera. Patung ini bermakna perwujudan pada saat Sang Buddha Gautama meninggalkan dunia memasuki Nirwana yang sedang tertidur berbaring menghadap kiblat atau arah selatan.

Maha Vihara Mojopahit - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Patung Buddha Tidur - Wikipedia

Patung Dewa Murugan - Langkat

Patung tertinggi selanjutnya yang ada di Indonesia adalah patung Dewa Murugan yang berada di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Patung ini memiliki tinggi hingga 16 meter dan menggambarkan seorang dewa, yaitu Dewa Murugan dan berdiri di sebelah Kuil Shri Raja Rajeshwari Amman Kovil.

Patung ini memang serupa dengan patung Dewa Murugan yang ada di Batu Cave, Malaysia loh Kawan.

Setelah Batu Cave, Ini Patung Dewa Murugan Tertinggi Kedua di Dunia - Suara.com
Patung Dewa Marugan. Foto: Suara.com

Patung Dewi Kwan Im - Pematang Siantar

Patung dengan tinggi lebih dari 22 meter ini terletak di Pematang Siantar, Sumaera Utara. Patung yang terletak di Vihara Avalokitesvara ini memiliki makna yang mencerminkan sikap welas asih di agama Buddha. Ditopang dengan empat pilar naga yang dibangun sangat indah membuat Patung Dewi Kwan Im mendapatkan rekor MURI sebagai patung tertinggi dan terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Patung ini memiliki daya tarik karena keindahannya.

Berwisata Religi di Vihara Avalokitesvara Sembari Mengagumi Keindahan Patung Dewi Kwan Im di Kota Pematang Siantar - Parboaboa
Patung Dewi Kwan Im. Foto: Paraboa

Patung Bekantan - Banjarmasin

Jika Kawan sudah pernah berkunjung ke Kalimantan setelah tahun 2015, pasti akan melihat sosok Bekantan yang sangat ikonik dan besar ini. Banjarmasin kini tak hanya dikenal dengan pasar terapungnya, tetapi memiliki ikon baru seekor Bekantan yang juga menjadi hewan dilindungi di sini.

Patung ini diresmikan pada tahun 2015 dan berdiri kokoh ditepi sungai Martapura. Wah, menarik ya Kawan!

Berkas:Patung Bekantan Banjarmasin.JPG - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Patung Bekantan. Foto: Wikipedia

Patung Bunda Maria Assumpta - Semarang

Patung tertinggi selanjutnya adalah patung Bunda Maria Assumpta yang terletak di Ambarawa, Kabupaten Semarang. Patung dengan total tinggi antara patung dan penopang setinggi 42 meter ini menjadi ikon wisata religi yang ada di wilayah Jawa Tengah. Selain menjadi ikon wisata, patung yang sudah ada sejak tahun 2015 ini juga menjadi patung tertinggi se-Asia Tenggara.

Dengan kehadiran patung ini, para pengunjung bukan hanya untuk beribadah tapi juga sekaligus menikmati keindahan patungnya. Tak jarang para pengunjung banyak yang datang dari luar Semarang untuk datang ke kompleks Gua Maria Kerep.

Patung Bunda Maria di Ambarawa Ini Diklaim yang Tertinggi di Dunia, Karya Tiga Seniman Lokal Lho - Tribunjateng.com
Patung Bunda Maria Assumpta. Foto: TribunJateng

Itu lah 10 patung atau monumen tertinggi yang ada di Indonesia serta ikonik. Patung-patung yang ada ini bukan hanya sebagai tempat untuk berwisata saja, tetapi memiliki maknanya tersendiri baik jika dilihat dari bentuk maupun lokasi patungnya.

Sumber Artikel:
https://gramedia.com/best-seller/mengenal-patung-di-indonesia/
https://backpackerjakarta.com/siapa-sangka-10-patung-terbesar-ini-ada-di-indonesia/
https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/61e93f5a43165/7-patung-tertinggi-di-indonesia-mengagumkan-dan-menarik-dikunjungi
https://keluyuran.com/patung-tertinggi-di-indonesia/
https://alacasa.id/article/read/4/2023/6057/10-patung-terbesar-di-indonesia-megah-mengagumkan-banget

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali.

NA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini