RI Borong 24 Jet Tempur F-15EX dari Boeing AS, Tercanggih di Dunia

RI Borong 24 Jet Tempur F-15EX dari Boeing AS, Tercanggih di Dunia
info gambar utama

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI kembali memperkuat TNI dengan membeli 24 unit pesawat tempur F-15EX dari The Boeing Company, Amerika Serikat (AS). Armada ini diklaim paling canggih dan serba guna di dunia.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) telah dilakukan oleh Marsekal Udara Yusuf Jauhari, Kepala Badan Fasilitas Pertahanan Kemenhan RI, dan Mark Sears, wakil presiden sekaligus manajer program Boeing Fighters, Senin (21/8/2023).

“Kami dengan bangga mengumumkan komitmen kami untuk pengadaan pesawat tempur F-15EX yang penting bagi Indonesia. Pejuang ini akan melindungi dan mengamankan negara kita dengan kemampuannya yang canggih” kata Menhan Prabowo Subianto yang menyaksikan penandatanganan MoU di fasilitas produksi Boeing, St. Louis, Missouri, AS, Senin (21/8/2023).

Kemudian, Sears mengatakan bahwa F-15EX adalah versi tercanggih dari seri F-15 yang pernah dibuat. Hanya tujuh negara di seluruh dunia yang mengoperasikan armada ini. Dengan segala keunggulannya, kata dia, jet tersebut akan menempatkan Indonesia pada kemampuan dominasi udara teratas.

“Kami telah menginvestasikan keahlian bertahun-tahun untuk mengembangkan kemampuan F-15EX. Tidak ada pesawat tempur lain seperti F-15 di dunia,” ujar Sears dalam siaran pers Boeing.

TNI AL Terima 2 Kapal Tunda Buatan Lokal Senilai Rp 167 Miliar

Kecanggihan Pesawat F-15EX

Pihak AS telah memberikan kode khusus bagi Indonesia untuk penggunaan F-15EX, yakni F-15IDN. Pesawat tempur ini diciptakan sebagai pengganti F-15C yang memiliki muatan, jangkauan, dan kecepatan terbaik di kelasnya. Pesawat tempur ini mampu membawa muatan hingga 29.500 pound atau 13.380 kilogram. Kapasitas yang lebih besar itu membuatnya mampu membawa lebih banyak senjata hipersonik dibandingkan pesawat generasi sebelumnya.

Menurut Boeing, jet tempur ini dibangun dengan jaringan digital. Oleh sebab itu, dia disebut juga pesawat digital. F-15EX dilengkapi kontrol penerbangan digital fly-by-wire, sistem peperangan elektronik baru, kokpit digital serba kaca, sistem misi, serta kemampuan perangkat lunak terbaru.

Indonesia Beli 13 Radar Militer dari Prancis, Jaga Kedaulatan Wilayah Udara

Kecanggihan F-15EX juga didukung oleh mesin modern yang memberikan kecepatan dan kelincahan lebih. Kemudian, terdapat sistem radar canggih yang memungkinkan pesawat dapat mendeteksi dan melacak target dengan akurasi tinggi. Di samping itu, struktur pesawat pun didesain untuk memiliki umur layanan hingga 20.000 jam terbang.

Kemenhan menulis bahwa pesawat ini juga memiliki perlindungan elektronik, termasuk sistem perang elektronik yang canggih untuk meningkatkan kemampuan bertahan hidup di medan perang. F-15EX dapat menampung berbagai jenis senjata, mulai dari rudal udara ke udara, bom, hingga senjata khusus lainnya.

Pesawat tempur canggih ini dapat dioperasikan dalam berbagai misi, seperti superioritas udara, serangan darat, dan operasi maritim. Dia dirancang untuk dapat berkomunikasi dan beroperasi dengan baik dalam jaringan pertempuran yang lebih luas, sehingga memungkinkannya berkolaborasi dengan sistem lain seperti satelit, UAV, dan pesawat lain.

TNI AL Terima 2 Kapal Perang Baru dari Jerman, Siap Buru Ranjau di Laut RI

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini