Berkenalan dengan Sosok David Hidayat, Penjaga Laut dari Pesisir Selatan

Berkenalan dengan Sosok David Hidayat, Penjaga Laut dari Pesisir Selatan
info gambar utama


David Hidayat seorang pemuda dari Sungai Pinrang tergerak untuk terjun memperbaiki kondisi lingkungan di kampung halamannya. Walau berstatus sebagai sarjana, David Hidayat mau berpeluh keringat memperbaiki alam.

Kepedulian David untuk memulihkan lingkungan diwujudkan dengan membentuk organisasi Anak Desa Sungai Pinang atau dikenal juga dengan nama Andespin Deep West Sumatra sejak tahun 2016.

Lewat organisasi ini David Hidayat beserta rekan organisasinya berusaha memberi informasi dan pendidikan serta mendorong warga setempat untuk bersama-sama menyelamatkan lingkungan Sungai Pinang yang mulai memprihatinkan.

Kisah Kampung Berseri Astra Layana Indah yang Bangkitkan Kemandirian Warga

“Pemberdayaan masyarakat kita melibatkan masyarakat dalam kegiatan pelestarian yang kami gerakan,” paparnya.

David mengaku telah terjun dalam bidang lingkungan sejak mahasiswa. Dia yang tergabung dalam komunitas menyelam sudah sering berkegiatan di sungai. Setelah menjadi Ketua Tim Selam, David kemudian mengajak rekan-rekannya datang ke Sungai Pinrang.

Ketika pulang kampung ini, David dan rekan-rekannya melihat ada masalah lingkungan di Sungai Pinrang. Sehingga ingin terjun langsung untuk memperbaiki masalah lingkungan di kampung halamannya.

“Tetapi ada masalah lingkungan yang terjadi mulai dari kerusakan terumbu karang dan mangrove. Kami terlibat dalam bidang lingkungan. Merasa prihatin dengan kondisi lingkungannya,” jelasnya.

Melibatkan masyarakat

David tidak hanya melibatkan rekan-rekannya di Universitas Bung Hatta Padang. Pada komunitas Andespin Deep West Sumatra ini dia melibatkan masyarakat sekitar. Banyak masyarakat yang terlibat sebagai relawan.

David menyatakan banyak yang memberikan respon positif atas kegiatan Andespin Deep West Sumatra. Mereka menganggap kegiatan ini sangat baik demi pelestarian lingkungan di Desa Pinrang.

“Kami juga melibatkan masyarakat yang posisinya adalah relawan. Kalau respon masyarakat cukup baik,” jelasnya.

Mewujudkan Sekolah Kehidupan Dibayar Dengan Sayuran : Kisah Inspirasi Muhammad Farid

David hanya berusaha untuk menyakinkan masyarakat bahwa kegiatan Andespin Deep West Sumatra bermanfaat bagi mereka. Terutama dalam aspek ekonomi dan juga lingkungan.

“Pertama dampak secara ekonomi sudah terbantu dari kegiatan kami. Terutama perbaikan terumbu karang dan mangrove. Apalagi mereka dilibatkan langsung. Mereka bisa dapat belajar. Secara lingkungan berdampak positif walau belum semua merasakan. Tapi kami yakin nantinya semua akan merasakan dampak positifnya,” pungkasnya.

Dapat penghargaan

Karena kerja keras memperbaiki lingkungan membuat Astra Indonesia memberikan apresiasi. Dirinya mendapatkan penghargaan sebagai Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards ke 13 tahun 2022 dalam kategori lingkungan.

David mengaku sangat senang dengan penghargaan dari Astra Indonesia tersebut. Bagi David penghargaan ini memberikan semangat kepada anak-anak muda untuk terus terlibat dalam kegiatan masyarakat.

“Kalau saya sangat senang Astra memberikan apresiasi kepada pemuda pemudi dalam kegiatan inspirasi. Cukup membantu dan membangkitkan semangat anak-anak muda. Saya mendukung penuh kepada kegiatan Asra untuk membantu anak-anak muda,” jelasnya.

Astra Half Marathon 2023: Upaya Dukung Gaya Hidup Sehat Warga Indonesia

David menyatakan untuk target pada masa depan ingin membuat laboratorium bawah air. Hal ini agar masyarakat Sungai Pinrang tak hanya menikmati keindahan alam, namun juga belajar dari alam.

“Biar nanti wisata di Sungai Pinrang yang datang tak hanya menikmati panorama namun juga sekaligus belajar,” pungkasnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

RK
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini