104 Mahasiswa Ikut Bangun IKN, Garap 12 Proyek Infrastruktur

104 Mahasiswa Ikut Bangun IKN, Garap 12 Proyek Infrastruktur
info gambar utama

Sebanyak 104 mahasiswa dari 27 kampus se-Indonesia akan terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur. Mereka berhasil mendapatkan kesempatan itu setelah dinyatakan lolos sebagai peserta Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR.

"Kegiatan ini merupakan kesempatan sangat baik bagi para mahasiswa untuk menjadi bagian penting dari proses pembangunan IKN. Oleh karena itu, manfaatkan betul kesempatan baik ini," kata Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah saat memberikan pembekalan secara virtual, Kamis (31/8/2023).

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris BPSDM Achmad Subki mengungkapkan, kegiatan ini akan berlangsung selama 4 bulan dari September—Desember 2023. Dalam menjalankan aktivitas magang, para mahasiswa bakal didampingi 23 mentor di IKN.

“Sebelum berangkat mereka sudah mendapatkan pembekalan dari BPSDM dan setiap Unit Organisasi Kementeriam PUPR yang terlibat dalam pembangunan IKN pada 21—31 Agustus 2023," kata Subki.

47 Tower ASN di IKN Mulai Dibangun, Telan Anggaran Rp 9,4 Triliun

Subki menerangkan, selama program magang berlangsung, para mahasiswa akan ikut serta dalam 12 proyek infrastruktur, di antaranya: pengendalian banjir dan drainase utama, pembangunan bendungan, penyediaan air baku, penerapan teknologi informasi pengelolaan SDA, komunikasi publik dan hubungan masyarakat, serta manajemen aset/manajemen konflik/pengarsipan/pemanfaatan lahan.

Kemudian, mereka juga akan berpartisipasi dalam pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat, Dermaga Logistik IHM Sepaku, Land Development Sub-WP 1B, pembangunan bangunan gedung dan kawasan kantor Kementerian Koordinator, pembangunan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) 1, 2, 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN , dan pendampingan pembangunan perumahan.

Menurut Zainal, pemindahan ibu kota ke IKN tidak hanya sekadar membangun gedung-gedung pemerintahan saja, tetapi juga menjadi lompatan untuk transformasi bangsa menuju Indonesia Maju. Pembangunan IKN, kata dia, mengusung konsep Future Smart Forest City of Indonesia dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan.

"Sekali lagi, manfaatkan betul kesempatan ini dengan baik, gali ilmu sebanyak-banyaknya untuk bekal pendidikan Anda," ucapnya.

Bukan Cuma Mobil, Pesawat Terbang Juga Bisa Melintas di Tol Akses IKN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini