KTT ke-43 ASEAN Bakal Digelar, Ini Daftar Delegasi Negara yang Akan Hadir

KTT ke-43 ASEAN Bakal Digelar, Ini Daftar Delegasi Negara yang Akan Hadir
info gambar utama

Dalam waktu dekat, Indonesia akan menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. Pertemuan akbar negara-negara Asia Tenggara ini dijadwalkan berlangsung pada 5–7 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).

Dengan mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” KTT ke-43 ASEAN di Jakarta bakal membahas perkembangan dan penguatan kerja sama kawasan dengan mitra eksternal. Kepala negara dan perwakilan dari 17 negara dikabarkan hadir dalam konferensi internasional ini.

Daftar Delegasi Negara yang Hadir di KTT ke-43 ASEAN

Negara anggota dan mitra wicara

Para pemimpin dari berbagai negara dipastikan hadir dalam KTT ke-43 ASEAN, di antaranya adalah negara anggota ASEAN termasuk Timor Leste yang siap bergabung secara resmi, serta negara mitra wicara ASEAN.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (4/9), sebanyak 22 yang hadir merupakan Perdana Menteri Kamboja Hun Manet, Perdana Menteri Thailand Sretha Thavisin, serta Perdana Menteri Xanana Gusmao yang mewakili Timor Leste.

Di luar negara-negara Asia Tenggara itu, akan ada juga Perdana Menteri India Narendra Modi, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok Ling Qiang, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, serta Presiden Rusia Vladimir Putin yang diwakili Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Kehadiran PM China dan Jepang di KTT ASEAN ke-43 Jadi Momentum Penyelesaian Beberapa Isu

Tamu Undangan KTT ke-43 ASEAN

Sementara itu, Kepulauan Cook yang diundang sebagai Ketua Forum Kepulauan Pasifik (PIF) akan hadir melalui Perdana Menteri Mark Brown. Undangan juga diberikan kepada Bangladesh sebagai Ketua Asosiasi Bangsa-bangsa Pesisir Samudra Hindia (IORA).

Turut hadir dalam KTT ASEAN, berikutnya adalah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bersama Perdana Menteri Australia Anthony Albanese. Dengan ini, keduanya menjadi kepala pemerintahan non-Asia yang menghadiri KTT ASEAN.

Dihadiri organisasi internasional

IMF
info gambar

Menteri Luar Negeri Retno (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan KTT ASEAN juga akan dihadiri IMF dan Bank Dunia (World Bank). Selain itu, hadir pula dua organisasi internasional observer pada pertemuan ASEAN Plus Three: ASEAN+3 Macroeconomic Research Office (AMRO) dan Trilateral Cooperation Secretariat (TCS).

“Satu organisasi internasional mitra komprehensif ASEAN, yaitu PBB, yang delegasinya akan dipimpin oleh Sekjen PBB. Selain itu, ada founder dan CEO World Trade Forum,” kata Menlu Retno, dilansir dari Detiknews, Senin (4/9).

KTT ASEAN 2023, TNI-Polri Pastikan Acara Berlangsung dengan Aman

Referensi:

  • CNBC Indonesia. Daftar Pemimpin Negara dan Akan Hadir di KTT ASEAN 2023. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230902140302-4-468440/ini-daftar-pemimpin-negara-yang-akan-hadir-di-ktt-asean-2023
  • Detiknews. Daftar Kepala Negara yang Akan Hadiri KTT ASEAN di Jakarta. https://news.detik.com/berita/d-6911124/daftar-kepala-negara-yang-akan-hadiri-ktt-asean-di-jakarta

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini