KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Resmi Dibuka

KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Resmi Dibuka
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo resmi membuka Koferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, pada Selasa (5/9/2023).

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, KTT ke-43 ASEAN dan KTT lainnya dengan ini resmi saya nyatakan dibuka,” kata dia dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengawali pidatoya dengan membahas pertanyaan publik akhir-akhir ini tentang apakah ASEAN akan terpecah dan tidak bisa bersatu. Apakah kapal ASEAN mampu terus melaju?

Pada momentum itu, Jokowi menegaskan bahwa kesatuan ASEAN sampai saat ini masih terpelihara dengan baik.Sebagai negara yang memiliki beragam suku, udaya, bahasa, dan agama, kata dia, kesatuan bagi Indonesia dalah sebuah harmoni dalam perbedaan, termasuk di dalamnya perbedaan pendapat.

“Kesatuan jangan diartikan tidak ada perbedaan pendapat karena perbedaan pendapat justru menyuburkan demokrasi, menunjukkan bahwa kita sebagai keluarga memiliki kedudukan yang setara,” ungkapnya.

Sokongan Listrik KTT ASEAN ke-43 Gunakan Sumber Energi Bersih

Jokowi menyebut kesetaraaan sudah menjadi barang langka di dunia. Banyak ketidakadilan dan konflik terjadi akibat tidak ada kesetaraan, tapi kata dia ASEAN berbeda.

“Kesetaraan justru menjadi value utama yang kita hormati dan kita junjung bersama dalam bingkai persatuan dan kebersamaan, sehingga kapal besar ASEAN dapat terus melaju,” tambahnya.

Pada akhir pidatonya, Jokowi mengatakan bajwa tantangan ke depan semakin berat dan mengakibatkan perebutan pengaruh oleh kekuatan besar, tapi ASEAN sudah sepakat untuk tapi menjadi proksi bagi kekuataan apapun, tapi bekerja sama dengan siapapun bagi kedamaian dan kemakmuran.

“Jangan jadikan kapal kami, ASEAN, sebagai arena rivalitas yang menghancurkan, tapi jadikanlah kapal ASEAN ini sebagai ladang untuk menumbuhkan kerja sama, menciptakan kemakmuran, stabilitas, perdamaian, yang tidak hanya bagi kawasan, tapi juga dunia”, tutup Jokowi.

Antusias! Harapan Besar Warga Jakarta di KTT ke-43 ASEAN 2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini