Pertunjukan Budaya dalam Indonesian Cultural Night Pukau Masyarakat Bangkok

Pertunjukan Budaya dalam Indonesian Cultural Night Pukau Masyarakat Bangkok
info gambar utama

Pertunjukan seni dan budaya Indonesia memukau masyarakat Thailand dalam Indonesian Cultural Night 2023. Acara tahunan yang digelar KBRI Bangkok ini mewarnai hubungan bilateral Indonesia dan Thailand.

Dilansir dari Antara, Selasa (19/9), Indonesian Cultural Night 2023 yang mengusung tema “Showcasing Indonesian Culture” sukses digelar di Siam Square One Bangkok pada Minggu, 17 September 2023 lalu.

Duta Besar Rachmat Budiman dalam sambutannya mengungkapkan, acara tersebut merupakan bagian dari promosi tahunan dan berkelanjutan KBRI Bangkok, yakni Trade, Tourism, Investment, and Culture Forum (TTICF) yang berlangsung sejak Agustus hingga Oktober.

Warnai hubungan bilateral

Gelaran Indonesian Cultural Night ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat Thailand mengenai berbagai keunikan seni dan budaya, produk, peluang investasi, hingga destinasi wisata menarik yang ada di Indonesia.

Selain itu, interaksi masyarakat Indonesia dan Thailand yang terjalin sejak dulu juga telah menciptakan akulturasi kebudayaan. Maka tak heran apabila banyak kesamaan di antara perbedaan budaya yang dimiliki oleh masing-masing negara.

Menurut Dubes Budiman, akulturasi budaya tersebut mampu mewarnai hubungan bilateral Indonesia dan Thailand di berbagai aspek. Hal ini pula disebutkannya sangat penting untuk saling memahami budaya satu sama lain sehingga terjalin diskusi secara terbuka.

RI, Thailand, dan Malaysia Gunakan Mata Uang Lokal untuk Transaksi Bilateral

Kolaborasi musik Indonesia-Thailand

Tak hanya tari-tarian, Indonesian Cultural Night juga menampilkan kolaborasi musik Indonesia dan Thailand lewat penampilan dua lagu yang dibawakan grup musik dari KBRI Bangkok dan Mahasiswa Chulalongkorn University.

Adapun lagu yang dibawakan adalah lagu dari Maluku berjudul Terpisah 2 serta lagu yang diciptakan mendiang Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej, berjudul Yarm Yen. Alunan musik yang mengiringi kedua lagu ini berhasil memeriahkan malam itu.

Kolaborasi musik Indonesia-Thailand tersebut seakan menegaskan mahakarya mendiang Raja Bhumibol Adulyadej sebagai sosok pemersatu sekaligus pencinta musik yang tetap abadi sepanjang masa. Lewat penampilan kolaborasi ini, penonton dibawa kembali ke masa Sang Raja yang sangat dicintai rakyat Thailand.

Produk Unggulan RI Laris Manis Diserbu Pengunjung Indonesia Fair 2023 di Thailand

Referensi:

Antara. KBRI Bangkok Kenalkan Budaya Indonesia Lewat Indonesian Cultural Night 2023. https://www.antaranews.com/berita/3732243/kbri-bangkok-kenalkan-budaya-lewat-indonesian-cultural-night-2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini