Produk Unggulan RI Laris Manis Diserbu Pengunjung Indonesia Fair 2023 di Thailand

Produk Unggulan RI Laris Manis Diserbu Pengunjung Indonesia Fair 2023 di Thailand
info gambar utama

Kedutaan Besar RI Bangkok kembali menggelar Indonesia Fair 2023 untuk mempromosikan produk unggulan dan jasa pariwisata Indonesia di Thailand. Pameran tahunan itu berlangsung pada 25—27 Agustus di Central World Mall, Bangkok.

Sejumlah instansi dan asosiasi dikabarkan turut menyukseskan gelaran Indonesia Fair tahun ini. Mulai dari Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), hingga Sarinah melalui program pembinaan UMKM.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, Rachmat Budiman, mengungkapkan bahwa Indonesia Fair merupakan salah satu rangkaian kegiatan Trade, Tourism, Investment and Culture Forum yang dibawakan KBRI Bangkok guna mempromosikan potensi perdagangan, investasi, pariwisata serta budaya Indonesia ke Thailand.

Tingkatkan konektivitas masyarakat

Tak hanya untuk meningkatkan hubungan perdagangan, pameran Indonesia Fair 2023 juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman publik terhadap potensi Indonesia sekaligus meningkatkan people-to-people contact di level masyarakat.

Indonesian Fair 2023 menghadirkan konsep pop-up store bertemakan “Know Indonesia Better”. Beragam produk, mulai dari batik, tenun, kebaya, baju sulaman, kerajinan tangan, aksesoris, dekorasi rumah, hingga minyak atsiri dipamerkan kepada para pengunjung.

Selain itu, ada pula makanan ringan seperti keripik dan coklat, makanan siap saji, dan minuman seperti kopi, teh dan minuman herbal. Produk-produk tersebut dikabarkan laris diserbu para pengunjung dalam tiga hari penyelenggaraan.

Desa di Thailand ini DIhuni Masyarakat Muslim Jawa

Transaksi Rp430 juta

Untuk memeriahkan acara, Indonesia Fair juga menghadirkan pertunjukan budaya Indonesia, yakni tarian Ratoh Jaroe dari Aceh oleh para pelajar Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), tarian Payung Geulis dan Jaipong oleh siswa-siswi SMAN 20 Bandung, serta harmoni alunan angklung dan musik keroncong.

Berbagai lapisan masyarakat Thailand dan turis asing pun memadati area paeran untuk berbelanja produk, menikmati suguhan penampilan musik dan budaya, mencicipi makanan dan minuman khas Indonesia serta mencari informasi terkait paket wisata ke Indonesia.

Indonesia Fair 2023 mencatatkan transaksi ritel dan potensi transaksi 1,5 juta baht atau sekitar Rp430 juta. Pameran ini membuka akses pasar bagi produk kopi, makanan ringan, perhiasan mutiara, minyak atsiri hingga pet food Indonesia di Thailand dan mancanegara.

Perdana di 2023, Indonesia Ekspor Pesawat ke Thailand untuk Modifikasi Cuaca

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini