Jurus Dagang RI untuk Wujudkan Indonesia Maju 2045

Jurus Dagang RI untuk Wujudkan Indonesia Maju 2045
info gambar utama

Indonesia bisa mewujudkan target Indonesia Maju 2045 apabila menguasai pasar dunia. Untuk itu, diperlukan kemudahan dalam melakukan ekspor yang diiringi dengan peningkatan produktivitas dan efisiensi.

“Kalau kita ingin jadi negara maju 2045, Indonesia harus kuasai pasar dunia. Tidak mungkin kalau surplusnya tidak banyak kita jadi negara maju. Mustahil,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, dilansir dari Detikfinance, Rabu (27/9).

Menurutnya, Indonesia tidak boleh hanya menjadi supermarket yang menjajakan produk luar negeri saja. Untuk menjadi negara maju, Indonesia juga harus meningkatkan produktivitas agar ekspor bisa lebih banyak.

Perluasan pangsa pasar

Melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag), Indonesia saat ini tengah berupaya membuka pangsa pasar baru yang tidak hanya mengandalkan pasar Eropa. Namun, diperluas ke kawasan potensial, seperti Asia Selatan, Timur Tengah, hingga Afrika.

Pihaknya telah melakukan sejumlah langkah untuk mendukung kemajuan Indonesia, misalnya kerja sama perdagangan global melalui Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) dengan berbagai negara. Mulai dari ASEAN, UEA, Amerika Latin, Korea Selatan, hingga China.

Khusus dengan negara-negara ASEAN, Indonesia telah menyelesaikan perjanjian regional CEPA untuk mendorong fair trade antarnegara. Hal ini diharapkan dapat menciptakan kesatuan data perdagangan seperti yang sudah dilakukan oleh Uni Eropa.

Meski Ekonomi Global Melambat, Neraca Perdagangan Indonesia Tetap Stabil

Manfaatkan persetujuan dagang

Perjanjian ekspor
info gambar

Lebih lanjut, Mendag Zulkifli Hasan mengajak pelaku ekspor untuk memanfaatkan dan memahami persetujuan dagang yang telah disepakati dengan negara mitra. Pihaknya juga telah membuka ‘toll way’ perjanjian perdagangan dengan beberapa negara mitra.

“Kita sudah menyelesaikan beberapa perjanjian sebagai ‘toll way’. Misalnya perjanjian ASEAN yang sudah diratifikasi oleh DPR yaitu Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Nantinya, di seluruh pabean di negara mitra ASEAN akan memakai sistem elektronik. Oleh karena itu, kita harus bisa mengikuti zaman dan harus efisien,” ungkapnya, dilansir dari Tempo.co, Rabu (27/9).

Indonesia Raih Surplus Neraca Perdagangan 40 Bulan Berturut-turut, Lampaui 3,12 Miliar USD

Referensi:

  • Detikfinance. Bongkar Jurus Indonesia Maju 2045, Mendag Dorong RI Kuasai Pasar Dunia. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6951658/bongkar-jurus-indonesia-maju-2045-mendag-dorong-ri-kuasai-pasar-dunia
  • Tempo.co. Zulkifli Hasan Permudah Ekspor Indonesia Jadi Negara Maju 2045. https://nasional.tempo.co/read/1776642/zulkifli-hasan-permudah-ekspor-indonesia-jadi-negara-maju-2045

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini