Ini Dia Logo Resmi Kereta Cepat Whoosh Pilihan Jokowi

Ini Dia Logo Resmi Kereta Cepat Whoosh Pilihan Jokowi
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada Senin pagi (2/10/2023). Bersamaan dengan itu, logo WHOOSH—jenama kereta tersebut—juga ikut diluncurkan.

Jokowi akhirnya memilih logo WHOOSH buatan PT Visindo Graphics ID yang beralamat di Kelurahan Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, terlihat logo itu telah terpasang di seluruh badan gerbong kereta tercepat di Asia Tenggara itu.

Mengutip situs resmi KCIC, konsep logo tersebut menggambarkan efek empasan atau riak akibat laju kereta berkecepatan tinggi yang membentuk huruf W sebagai logogram. Identitas visual dirancang selugas mungkin agar mudah dipahami oleh publik.

Kereta Cepat Whoosh Resmi Beroperasi, Awal Modernisasi Transportasi Massal

Selain mewakili inisial nama “WHOOSH”, logogram ini secara langsung menyimbolkan dampak lesatan kereta cepat yang luar biasa di benak publik. Filosofi tersebut cukup menggambarkan asal usul nama “WHOOSH” yang menurut Jokowi terinspirasi dari suara kereta berkecepatan tinggi. Adapun jenama ini memiliki singkatan, yaitu Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat.

Konsep rancangan ini menerjemahkan suara lesatan sebagai dampak kehadiran kereta cepat terhadap perubahan, percepatan, pertumbuhan, dan pencapaian di berbagai aspek kehidupan, ekonomi, serta budaya, pada setiap lapisan masyarakat.

Efek empasan itu kemudian divisualisasikan melalui prinsip desain dengan pengaplikasian bentuk lekukan dinamis, struktur solid, dan garis yang selalu mengarah ke atas. Lewat pengaplikasian warna kontras dan cerah serta penggunaan huruf yang kokoh, ekspresi pada logo membawa karakter energik yang mencerminkan kegesitan, kekuatan, keberanian, ketegasan, serta ketajaman visi ke depan.

Identitas visual logo resmi “WHOOSH” secara keseluruhan ingin menyampaikan pesan bahwa kereta cepat bakal membawa perubahan yang berdampak positif bagi kemajuan Indonesia.

Whoosh Jadi Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ini Asal Mulanya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini