Razzaa Fachrezi, Pesepak Bola Muda Indonesia yang Main di Spanyol bersama Rayo Vallecano

Razzaa Fachrezi, Pesepak Bola Muda Indonesia yang Main di Spanyol bersama Rayo Vallecano
info gambar utama

Indonesia punya pesepak bola muda yang merumput di Spanyol. Dia adalah Razzaa Fachrezi.

Razzaa baru saja resmi direkrut oleh klub Rayo Vallecano. Ia dikontrak selama semusim dan akan bergabung oleh tim C dari klub yang berbasis di Madrid, Spanyol itu.

Razzaa telah diperkenalkan oleh pihak klub pada Kamis (12/10/2023). Selain Razzaa, Rayo Vallecano C juga memperkenalkan pemain baru lain seperti Niroel Kanhai dan Noah Lindo.

“Selamat datang. Kami dengan senang hari membagikan kabar mengenai pemain terbaru kami, Razzaa Fachrezi Aziz, seorang striker berbakat yang membanggakan dari Indonesia. Kami tak sabar menantikan debut Anda,” demikian petikan pengumuman yang dipublikasikan klub.

Sebagai pemain Rayo Vallecano C, tentu Razza tidak bermain di La Liga seperti pemain tim utama. Bersama rekan-rekannya ia akan bermain di kompetisi nonprofesional, tepatnya Tercera Federacion alias kasta kelima Liga Spanyol 2023/2024.

Menanti Aksi Mario Aji dan Fadillah Arbi Aditama di Moto3 Indonesia 2023

Profil Razza Fachrezi

Pemain bernama lengkap Teuku Razzaa Fachrezi Aziz ini lahir di Jakarta pada 4 Juni 2004. Sebelum bergabung dengan Rayo Vallecano C, ia adalah pemain Persija Jakarta.

Razzaa bergabung dengan Persija pada 2021 setelah sebelumnya berseragam Persikabo 1973. Di Persija, pemain berposi striker bermain bersama tim U-20.

Selama di Persija U-20, Razzaa belum sempat naik kelas ke tim senior. Karena Thomas Doll belum memberi tempat untuk main bareng tim senior di ajang resmi, namu Razzaa lebih banyak berkutat di tim U-20.

Selain pernah di Persikabo 1973 dan Persija, Razzaa juga pernah menjadi bagian dari Timnas U-19 Indonesia. Tercatat, ia pernah dipanggil ke timnas 2021. Saat itu, pelatoh Shin Tae-yong memanggilnya untuk ikut serta dalam pemusatan latihan (TC) pada November pada ahun yang sama.

Bersama Timnas U-19 Indoneska, Razzaa pernah tampil Piala AFF U-19 2022 yang diselenggarakan pada 2-15 Juli 2023 di Jakarta dan Bekasi. Razzaa kemudian mencetak satu gol untuk Timnas U-19 Indonesia U-19 di ajang tersebut.

Menariknya lagi, Razzaa bukan pemain Indonesia pertama yang bermain bersama Rayo Vallecano. Sebelumnya, Jordi Amat juga pernah bermain di sana.

Hanya saja, waktu itu Jordi Amat belum dianggap sebagai pemain Indonesia. Sebab, kewarganegaraannya masih Spanyol dan ia belum menjalani proses naturalisasi untuk bisa menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) seperti saat ini.

Alwi Farhan, Juara Dunia Junior yang Membawa Harapan untuk Bulu Tangkis Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini