Alwi Farhan, Juara Dunia Junior yang Membawa Harapan untuk Bulu Tangkis Indonesia

Alwi Farhan, Juara Dunia Junior yang Membawa Harapan untuk Bulu Tangkis Indonesia
info gambar utama

Bulu tangkis Indonesia punya Alwi Farhan, atlet muda dengan prestasi cemerlang.

Baru-baru ini, Alwi menorehkan sejarah baru di Kejuaraan Dunia Junior 2023. Ia adalah pebulu tangkis tunggal putra pertama Indonesia yang berhasil menjadi juara di sana.

Gelar juara itu didapat setelah Alwi mengalahkan Hu Zhe An dari China dalam partai final yang dihelat di The Podium Arena, Spokane, Washington, AS, Minggu (8/10/2023) waktu setempat. Alwi menang lewat pertarungan tiga set dengan skor 21-19, 19-21, 21-14.

Laga final itu berjalan sengit. Alwi sendiri yang berstatus unggulan keempat berkali-kali dibuat kesulitan hingga skornya tertinggal. Namun, atlet asal Surakarta itu tetap berusaha bertahan hingga akhirnya mampu mengalahkan lawannya dengan selisih 7 angka di set terakhir.

Untuk diketahui, Kejuaraan Dunia Junior telah digelar sejak 1992. Namun, baru kali ini ada pebulu tangkis tunggal putra Indonesia yang menjadi juara.

“Alhamdulillah dan bersyukur saya bisa menang. Saya tidak menyangka bisa sampai di sini. Karena tahun lalu pun saya tahu betapa berat perjuangannya tampil di WJC," ujar Alwi dalam keterangan tertulis PBSI.

"Kemenangan ini tak lepas berkat dukungan dan doa orangtua, keluarga, pelatih, rekan, dan team support hingga akhirnya saya bisa jadi juara seperti saat ini,” lanjutnya.

Rahmat Erwin Abdullah Panen Medali Sepanjang 2023: ASEAN, Asia, dan Dunia Dilibas Semua!

Atlet Harapan Indonesia

Alwi yang bernama lengkap Alwi Farhan Alhasny lahir di Surakarta pada 12 Mei 2005. Di usianya yang masih belia, ia telah rutin mewakili Indonesia di berbagai ajang internasional, yang mana beberapa di antaranya berbuah medali.

Sejak 2017, Alwi meraih gelar di berbagai turnamen BWF Junior International. Ia pernah juara di Korea Junior International, Jaya Raya Junior International, Bangladesh Junior International, dan Alpes International U19.

Sementara itu di BWF International Challenge, Alwi pernah dua kali jadi runner-up, yakni di Lithuanian International dan Osaka International.

Pada 2019, Alwi mendapat medali emas dari Kejuaraan Asia Junior. Sementara itu di Kejuaraan Dunia Junior, sebelumnya ia juga pernah mendapat medali perak pada tahun lalu. Dengan demikian, ada peningkatan pesat pada prestasi Alwi di ajang intermasional.

Dengan segala pencapaiannya, tentu saja Alwi adalah pembawa harapan bagi bulu tangkis Indonesia. Keberhasilannya menang di Kejuaraan Dunia Junior 2022 menjadi angin segar bagi pecinta bulu tangkis Tanah Air di tengah performa para atlet senior yang sedang melorot.

Perjuangan Sanggoe Darma Tanjung: Melawan Keterbatasan, Menggapai Medali Asian Games 2022

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini