Sinergisitas Operasi Puri Agung Kunci Sukses Pengamanan World Water Forum 2024 di Bali

Sinergisitas Operasi Puri Agung Kunci Sukses Pengamanan World Water Forum 2024 di Bali
info gambar utama

Sinergisitas yang tercermin melalui optimalisasi Operasi Puri Agung, menjadi kunci untuk mencapai sukses dalam mendukung perhelatan global World Water Forum ke-10 2024 di Bali.

Forum Air Dunia yang menjadi acara internasioal tempat berkumpulnya kepala pemerintahan dan para tokoh yang memerhatikan persoalan air ini, akan berlangsung pada 18—25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali.

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Kepolisian RI (Polri) Irjen. Pol. Sandi Nugroho memberikan perhatian penuh dan menggarisbawahi faktor ini sebagai elemen krusial untuk mendapatkan perhatian.

Menurut Sandi, sinergisitas TNI-Polri dan seluruh pemangku kepentingan dalam menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran, termasuk kesehatan, merupakan kunci utama untuk menyukseskan acara tersebut.

Mengenal Operasi Puri Agung, Upaya Pengamanan Polri Jelang World Water Forum 2024

Koordinasi Operasi Puri Agung

Untuk kepentingan World Water Forum ke-10 di mana Bali mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah Forum Air Dunia, seluruh personel Satgas Humas Polri diperintahkan membangun koordinasi yang baik.

“Polri bersama TNI dan stakeholder terkait bersama-sama memastikan perhelatan ini dapat berjalan dengan aman,” ungkap Kadiv Humas Polri melalui siaran pers yang dirilis Tim Komunikasi dan Media World Water Forum pada Senin (6/5/2024).

Hal sinergisitas tersebut disampaikan Sandi dalam kesempatan memimpin apel gelar pasukan Satgas Humas Operasi Puri Agung 2024. Satgas ini dibentuk untuk memberikan pengawalan bagi berjalannya World Water Forum (WWF) ke-10 di Nusa Dua, Bali.

Menurut Kadiv Humas, Operasi Puri Agung digelar 10 hari menjelang hari pelaksanaan. Satgas ini melibatkan 5.791 personel, terdiri dari 2.485 personel Mabes Polri, 2.706 personel Polda Bali, 300 personel Polda Jawa Timur, dan 300 personel Polda NTB.

Memperkenalkan Pariwisata Indonesia

Sinergisitas melalui optimalisasi Operasi Puri Agung yang melibatkan seluruh stakeholder berperan penting, sebab penyelenggaraan World Water Forum yang ke-10 ini juga merupakan peluang untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia.

Kadiv Humas menyampaikan bahwa ajang Forum Air Dunia ini, sebagaimana perhelatan internasional sebelumnya seperti KTT G20, KTT ASEAN, dan KTT AIS Forum, merupakan kesempatan emas terkait dunia pariwisata.

Faktor kolaborasi menjadi penting mengingat event ini memiliki lingkup yang luas. “Sepuluh hari jelang acara World Water Forum ke-10 dan diperluas hingga wilayah di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat,” jelas Kadiv Humas.

Personel yang tergabung dalam Satgas Humas Operasi Puri Agung 2024 diminta memastikan segala bentuk program kegiatan, mampu memberikan nilai positif terhadap pengamanan yang dilakukan.

Sinergisitas yang harus dibangun juga meliputi program sosialisasi, yang dilakukan dengan turut menggandeng berbagai pihak. Terlibat di dalamnya kalangan influencer, media lokal dan nasional, serta ambasador acara.

TNI Kerahkan 12.000 Personel Gabungan untuk Amankan World Water Forum ke-10 di Bali

Sinergitas Humanis Kehumasan

Ditekankan pula oleh Kadiv Humas bahwa sinergisitas optimal Operasi Puri Agung terkait pengamanan hingga pelayanan dan sosialisasi, harus dilakukan secara humanis.

Menurut Irjen. Pol. Sandi, hal ini perlu dilakukan untuk mendukung fungsi kehumasan. Dengan demikian diharapkan gaung pergelaran World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali, dapat semakin meluas.

“Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah World Water Forum ke-10 menjadi momentum penting untuk menunjukkan kepada dunia komitmen serta kontribusi nyata di bidang sumber daya air,” ujar Sandi.

Hal senada juga disampaikan oleh Dirgakkum Korlantas Polri, yakni Brigjen. Pol. Raden Slamet Santoso, selaku Kepala Satuan Tugas Pengawalan, Rute, Patroli, dan Parkir (Kasatgas Walrolakir).

Pihaknya siap mengemban tugas untuk mengamankan dan mengawal para kepala negara serta seluruh delegasi yang menghadiri World Water Forum ke-10. Hal itu disampaikannya dalam rapat koordinasi kesiapan Operasi Puri Agung 2024.

“Kami sudah mempersiapkan beberapa hal dengan titik-titik kerawanan yang ada, baik itu kerawanan kamseltibcarlantasnya,” jelasnya.

Forum Air Sedunia (World Water Forum) di Bali Didukung Kendaraan Listrik dan Kapal Perang

Pelatihan Keterampilan dan Profesionalisme

Para personel yang menunaikan tugas dalam Operasi Puri Agung untuk mengamankan dan mengawal para delegasi World Water Forum (WWF) ke-10 ini, telah dibekali dengan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalisme.

Personel yang telah terlatih dengan baik ini beserta kendaraan untuk melakukan patroli, kemudian diberangkatkan ke Bali. Kabaharkam Polri Komjen. Pol. M. Fadil Imran sendiri, telah meninjau venue yang akan digunakan dalam ajang Forum Air Dunia tersebut.

“Petugas pengawalan VVIP dan VIP kemudian petugas PAM rute dan petugas parkir itu sudah kita laksanakan pelatihan yang nantinya akan melaksanakan pergeseran pasukan dan kendaaraan ke Bali,” ungkap Dirgakkum Korlantas Polri.

Sebagaimana diketahui, event World Water Forum ke-10 ini mengangkat tema utama Water for Shared Prosperity (Air untuk Kesejahteraan Bersama). Tema itu selaras komitmen global untuk membahas pengelolaan sumber daya air berkelanjutan untuk menghadapi perubahan iklim yang tidak menentu.

Sumber:
https://media.worldwaterforum.org

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini