Rahmat Erwin Abdullah Panen Medali Sepanjang 2023: ASEAN, Asia, dan Dunia Dilibas Semua!

Rahmat Erwin Abdullah Panen Medali Sepanjang 2023: ASEAN, Asia, dan Dunia Dilibas Semua!
info gambar utama

Rahmat Erwin Abdullah benar-benar cemerlang. Atlet angkat besi kebanggaan Indonesia itu berhasil memborong medali sepanjang tahun 2023 ini.

Terbaru, Erwin sukses menyabet medali emas Asian Games 2022. Di pesta olahraga terakbar Asia itu, ia tampil di cabang angkat besi kelas 73kg putra.

Erwin yang beraksi di XSC Gymnasium, Selasa (3/10) mencatatkan total angkatan 359kg. Atlet kelahiran Sulawesi Selatan itu mengungguli Weeraphon Wichuma dari Thailand yang meraih perak dan Oh Kumthaek dari Korea Utara yang mendapatkan perunggu.

Pada angkatan snatch, Erwin mencatatkan angkatan seberat 152, 156, dan 158kg. Di tahap ini, Erwin punya lawan berat yakni atlet China Wei Yinting. Ia sebenarnya kalah unggul dari Yinting di snatch, namun kemudian membalasnya dengan tampil ciamik pada angkatan clean and jerk.

Aksi Yinting pada angkatan snatch memang sulit ditandingi Erwin. Tercatat, Yinting mencatatkan angkatan seberat 153, 158, dan 161. Angkatan terakhir itu bahkan memecahkan rekor Asian Games.

Setelah masuk ke sesi angkatan clean and jerk, situasi berbalik di mana giliran Erwin yang mampu menungguli Yinting. Tercatat, ia punya angkatan seberat 192, 196, dan 201kg.

Sementara itu, Yinting gagal saat mencoba angkatan pertama seberat 180kg. Pada angkatan kedua pun Yinting dan kontestan lainnya tak mampu mendekati catatan Erwin. Pada akhirnya, Erwin berhasil mengumpulkan nilai tertinggi dengan angka 359, disusul oleh Weeraphon (351) dan Kumthaek (344) sementara Yinting gagal naik podium.

Selain medali emas, Erwin menorehkan pencapaian lain, yakni nilai 359 miliknya memecahkan rekor Asian Games serta menambah daftar ajang bergengsi yang pernah ditaklukannya.

Perjuangan Sanggoe Darma Tanjung: Melawan Keterbatasan, Menggapai Medali Asian Games 2022

Juara ASEAN, Asia, dan Dunia

Bisa dibilang, Erwin adalah juara ASEAN, Asia, dan Dunia. Sebab, sebelum meraih emas di Asian Games 2022 ini, ia lebih dulu menyabet medali dari SEA Games dan Kejuaraan Dunia. Hebatnya lagi, medali di tiga ajang bergengsi tersebut didapat sekaligus pada tahun 2023 ini.

Pada Mei lalu, Erwin mendapat medali emas SEA Games 2023 di Kamboja. Hanya saja, medali itu didapatnya bukan dari kelas 73kg seperti di Asian Games 2022, melainkan 81kg.

Kemudian pada September lalu, Erwin berlaga di Kejuaraan Dunia yang diselenggarakan di Riyadh, Arab Saudi. Hasilnya, medali perak didapat dari kelas 81kg.

Untuk diketahui, sebelumnya Erwin juga pernah meraih emas SEA Games 2019 dan 2021 dari kelas 73kg, serta Kejuaraan Dunia 2021 dan 2022 dengan kelas yang sama.

Chelsea Corputty & Mutiara Rahma Putri, Pembuka Keran Medali Indonesia di Asian Games 2022

Referensi:

  • https://www.kemenpora.go.id/detail/4305/rahmat-erwin-sukses-sumbang-medali-emas-kelima-indonesia-di-ajang-asian-games-2022-hangzhou



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini