Chelsea Corputty & Mutiara Rahma Putri, Pembuka Keran Medali Indonesia di Asian Games 2022

Chelsea Corputty & Mutiara Rahma Putri, Pembuka Keran Medali Indonesia di Asian Games 2022
info gambar utama

Berkat Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri, tak butuh waktu lama bagi Indonesia untuk membuka keran medali di Asian Games 2022.

Asian Games 2022 baru saja dibuka pada Sabtu (23/9/2023). Sehari setelahnya Indonesia meraih medali pertama.

Medali pertama Indonesia di Asian Games 2022 didapat dari cabor dayung. Tim yang beraksi di nomor lightweight women double sculls atas nama Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri berhasil meraih medali perunggu.

Chelsea dan Mutiara mendayung dengan melahap lintasan sejauh 2000 meter. Keduanya mencatatkan waktu 7 menit 17,64 detik.

"Untuk Chelsea dan Mutiara, hasil ini sudah sesuai harapan. Kali ini mereka bisa menang dari awal, mereka tidak terburu-buru dan menerapkan irama-irama yang sudah dilatih. Jepang dan Iran saling mengalahkan, waktu finisnya tipis," kata Manajer Timnas Dayung Indonesia Budiman Setiawan.

Sementara Indonesia mendapat perunggu, medali emas diraih oleh wakil China yang mencatatkan waktu 7 menit 06,78 detik. Untum medali perak, tim yang mendapatkannya adalah Uzbekistan dengan catatan waktu 7 menit 16,49 detik.

Pakaian Adat Pulau Rote dan Betawi Warnai Upacara Pembukaan Asian Games 2022

Tambahan Koleksi Medali

Chelsea dan Mutiara adalah dua srikandi dayung Indonesia yang kaya akan prestasi. Keduanya sudah sering mewakili Indonesia di berbagai ajang internasional bergengsi.

Oleh karena itu, medali perunggu Asian Games 2022 pun jadi tambahan koleksi medali keduanya. Sebelumnya, Chelsea dan Mutiara sudah punya sederet medali lain yang tentunya tak kalah prestisius.

Chelsea misalnya, punya medali perunggu dari Asian Games 2023. Ia juga punya dua perunggu lain dari Kejuaraan Dayung Asia 2017 dan 2021, plus satu medali emas Asian Beach Games 2016.

Perempuan kelahiran 4 Mei 1995 itu pun punya koleksi medali dari level Asia Tenggara. Dari ajang SEA Games, Chelsea punya empat medali perak. Satu dari SEA Games 2015, lalu tiga lagi diborong dari ajang edisi 2021.

Sementara itu, koleksi medali Mutiara juga tak kalah mentereng. Hebatnya lagi, itu semua diraihnya di usia yang sangat muda, karena saat ini saja ia baru berusia 19 tahun.

Mutiara yang lahir di Jambi pada 7 Juli 2004 punya tiga medali dari SEA Games. Rinciannya, satu perunggu dari SEA Games 2019 dan dua perak dari SEA Games 2021.

Selain itu, Mutiara juga punya medali dari Kejuaraan Dayung Asia. Ia pernah meraih medali perunggu pada ajang edisi 2021.

Fakta Menarik Kontingen Indonesia di Asian Games 2022: Dari Jumlah Atlet hingga Target

Referensi:

  • https://koni.or.id/2023/09/24/chelsea-mutiara-persembahkan-medali-pertama-indonesia-pada-asian-games-2023-hangzhou/
  • https://www.kemenpora.go.id/detail/4263/rowing-sumbang-medali-pertama-tim-indonesia-di-asian-games-2022-hangzhou

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini