Fakta Menarik Kontingen Indonesia di Asian Games 2022: Dari Jumlah Atlet hingga Target

Fakta Menarik Kontingen Indonesia di Asian Games 2022: Dari Jumlah Atlet hingga Target
info gambar utama

Inilah deretan fakta menarik kontingen Indonesia di Asian Games 2022. Simak sembari menyaksikan aksi para atlet terbaik Tanah Air!

Asian Games 2022 telah bergulir. Ajang olahraga terakbar di Asia ini dijadwalkan akan dibuka pada 23 September 2023, tetapi sudah ada pertandingan dari beberapa cabang olahraga (cabor) yang dimulai lebih dulu seperti sepak bola dan kriket.

Asian Games 2022 diselenggarakan di Hangzhou, China. Sesuai titelnya, ajang ini seharusnya dihelat tahun lalu, tetapi diundur satu tahun karena pandemi Covid-19.

Indonesia tentu tak ketinggalan mengirimkan kontingen berisi para atlet terbaiknya ke Asian Games 2022. Berikut adalah fakta-fakta menarik kontingen Indonesia yang perlu diketahui Kawan GNFI:

1. Jumlah Kontingen Indonesia

Berdasarkan informasi yang dirilis Komite Olimpiade Indonesia, Indonesia memberangkatkan 415 atlet ke China. Jumlah itu termasuk banyak, tetapi masih ada beberapa negara yang mengirim atlet lebih banyak.

Hong Kong misalnya mengirimkan 681 atlet. Sementara itu, India mengirim 655 atlet.

Ke-415 atlet Indonesia akan tampil dalam 31 cabor. Untuk diketahui, total cabor di Asian Games 2022 adalah 37.

2. Chef de Mission (CdM) Indonesia

Kontingen setiap negara dipimpin oleh seorang Chef de Mission (CdM). Adapun CdM Indonesia adalah Basuki Hadimuljono.

Nama Basuki Hadimuljono tentu tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Selama ini, ia dikenal sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kita beruntung punya Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk Asian Games seperti Pak Basuki Hadimuljono. Beliau mau turun langsung bersama atlet-atlet Tim Indonesia dan tentu kita menunggu sentuhan tangan dingin Pak Basuki.” kata Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari.

3. Target Indonesia

Indonesia sudah punya target di Asian Games 2022. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyebut bahwa target tersebut adalah 8 medali emas.

Dengan raihan medali tersebut, Indonesia diproyeksikan dapat masuk peringkat 10 besar. Awalnya, posisi yang diincar adalah 12 besar, namun Presiden Joko Widodo meminta agar targetnya dinaikkan menjadi 10 besar.

"Saya hanya titip, di Asian Games di Jakarta, kita berada di rangking keempat, meskipun tadi Menpora sudah mengkalkulasi akan jatuh rankingnya di ranking 12. Buat saya kok jauh banget, jangan 12 lah, saya minta ke ke-10 besar," ujar Jokowi.

4. Dilepas Jokowi dan Menpora

Para atlet yang mewakili Indonesia di Asian Games 2022 menghadiri acara pelepasan di di Istana Negara, Jakarta, Selasa (19/9) sore.

Acara pelepasan itu dihadiri oleh Menpora dan Presiden. Ada pula momen penyerahan bendera merah putih dari Menpora kepada Basuki Hadimuljono selaku Chef de Mission.

Malut United, Klub Baru yang Menggebrak Sepak Bola Indonesia dengan Bangun Stadion Sendiri

Referensi:

  • https://nocindonesia.id/news/view/asian-games-diharapkan-jadi-batu-loncatan-menuju-olimpiade-paris-1694067380
  • https://www.kemenpora.go.id/detail/4241/menpora-dito-dampingi-presiden-jokowi-lepas-kontingen-indonesia-di-asian-games-2022-hangzhou



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini